Berantas Lemak Perut dengan Gerakan Plank

Dhaifurrakhman Abas    •    Sabtu, 02 Feb 2019 10:00 WIB
tips kesehatan
Berantas Lemak Perut dengan Gerakan Plank
Berantas Lemak Perut dengan Gerakan Plank (Foto: istock)

Jakarta: Menghilangkan lemak perut bak perjuangan tanpa akhir. Apalagi ketika dilakukan saat usia semakin senja.

Tidak peduli sekeras apa pun Anda berusaha menghilangkannya, lemak perut menjadi yang paling sulit diberantas. Alhasil sebagian orang tergerak hatinya untuk buru-buru menyambangi pusat kebugaran terdekat hanya untuk menghilangkan lemak perut.

Meski begitu, membakar lemak di bagian perut ternyata bisa dilakukan di rumah. Salah satunya dengan melakukan gerakan plank.

Gerakan ini efektif lantaran melibatkan beberapa otot sekaligus di bagian inti tubuh. Tidak hanya membakar lemak di sekitar area perut Anda, plank juga bermanfaat membentuk postur tubuh yang lebih baik, fleksibilitas serta perut yang lebih kencang.

Gerakan plank mungkin terlihat sederhana. Namun dalam melakukannya dibutuhkan ketahanan dan keseimbangan. Dengan cara ini, semakin lama Anda bisa bertahan di posisi seimbang akan semakin baik.

Namun pertanyaannya, berapa lama waktu memperagakan plank untuk menghilangkan lemak perut? Para ahli menyarankan melakukan gerakan itu selama 60 detik dengan repitisi minimum sebanyak 3 kali.

Menurut para ahli, melakukan plank selama 60 detik memberikan hasil terbaik. Jika Anda seorang pemula, 60 detik bisa menjadi tantangan terbesar dalam hidup Anda.

Tetapi tetap saja, Anda harus bisa mengatasinya. Dan yang teramat penting, Anda harus melakukan gerakan tersebut dengan cara yang sempurna.

Dinukil Times of India, gerakan plank harus dilakukan dengan posisi tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Bahkan jika Anda sedikit membungkuk, tandanya, Anda tidak melakukannya dengan benar.

Lantas ketika Anda sudah menguasai langkah pertama, Anda bisa beralih dari tahapan pemula ke tingkat mahir. Ambil napas dalam-dalam, lalu kontraksikan tekanan ke perut Anda.

Kencangkan panggul dan juga paha depan. Dengan cara ini, gerakan plank akan membantu otot inti, bahu, dan daerah panggul Anda terbentuk dengan maksimal.

 


(ELG)