Ini Usia Ketika Harga Diri Anda Berada di Puncak

Torie Natalova    •    Jumat, 19 Oct 2018 07:04 WIB
psikologi
Ini Usia Ketika Harga Diri Anda Berada di Puncak
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa harga diri seseorang berada di atas puncak ketika berusia 60 tahun. (Foto: Huyen Nguyen/Unsplash.com)

Jakarta: Seberapa banyak perubahan Anda dalam hidup hingga di usia Anda saat ini? Sebuah penelitian dari Psychological Bulletin mengungkapkan fakta baru yakni semakin tua, Anda akan merasa aman dan semakin punya harga diri yang tinggi.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa harga diri seseorang berada di atas puncak ketika berusia 60 tahun. Hal ini berdasarkan lebih dari 300 penelitian tentang harga diri dalam kelompok usia yang berbeda. 

Hasil penelitian menunjukkan harga diri meningkat secara konsisten hingga titik tertinggi pada saat seseorang berusia 60 tahun. Kemudian, sedikit menurun ketika orang tersebut mencapai usia 70-80 tahunan, hingga akhirnya menurun tajam di usia 90.

(Baca juga: Pentingnya Meningkatkan Harga Diri saat Mengalami Depresi)

Studi ini juga menemukan bahwa hubungan yang kita miliki dengan diri kita terus meningkat selama beberapa dekade pertama kehidupan kita.

Pada usia 60 tahun, seseorang bisa merasa lebih percaya diri dengan tidak peduli akan apa yang dipikirkan orang lain atau merasa damai dengan tubuh Anda, mungkin ini terjadi karena peningkatan gaya hidup.

Di sisi lain, tekanan media sosial dapat menjelaskan rendahnya tingkat harga diri orang yang lebih muda. Studi tahun lalu 2017 menemukan bahwa media sosial Instagram memiliki dampak buruk terhadap kesehatan mental.





(TIN)