Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Biotin

Torie Natalova    •    Sabtu, 27 Oct 2018 09:09 WIB
kesehatan
Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Biotin
Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Biotin (Foto: shutterstock)

Jakarta: Seperti mesin, tubuh Anda perlu perawatan dan 'bahan bakar' yang tepat jika tidak ingin cepat rusak. Bagi tubuh manusia, vitamin B memainkan peran penting untuk membantu fungsi tubuh tetap optimal.

Ada banyak jenis vitamin B yang masing-masing memainkan peran penting dalam menjaga bagaimana fungsi tubuh bekerja. Secara khusus, vitamin B7 atau yang dikenal sebagai biotin memiliki peran dalam menjaga kulit, rambut dan kuku tetap sehat serta awet muda.

Tubuh Anda tidak dapat mensintesis biotin, sehingga biotin harus diperoleh dari diet, suplemen dan bakteri usus. Semua biootik yang terikat dengan protein dari makanan akan diubah menjadi biotin bebas yang kemudian diserap dalam usus.

Karena biotin ditemukan dalam berbagai jenis makanan, kekurangan yang parah pada nutrisi ini bisa jadi hal yang langka. Mereka yang menderita penyakit radang usus dan disfungsi microbiome lainnya, dapat kesulitan mempertahankan jumlah biotin yang cukup.

Faktor lain yang dapat mengurangi kadar biotin dalam tubuh seperti penggunaan antibiotik yang dapat menghilangkan bakteri baik dalam usus hingga membunuh bakteri penghasil biotin.

Anda juga bisa berisiko kekurangan biotin jika Anda minum alkohol yang berlebihan, sedang hamil, merokok, makan putih telur mentah yang dapat menghambat penyerapan biotin.

Adapun gejala kekurangan biotin dalam tubuh yaitu:
- Kelelahan
- Rambut rapuh
- Rambut rontok
- Masalah pencernaan
- Kulit kering

Tingkat biotin yang rendah dapat menjadi masalah jika metabolisme Anda tidak sehat. Metabolisme merupakan proses dalam tubuh yang mengubah makanan apapun yang dikonsumsi menjadi energi dan makanan yang tidak digunakan untuk energi, disimpan sebagai lemak. Masalah kelelahan, kenaikan berat badan atau penurunan berat badan, dapat terjadi jika Anda memiliki kadar biotin rendah dan metabolisme yang bermasalah.


 


(ELG)