Tips Alami Atasi Hidung Ingusan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 26 Oct 2018 10:00 WIB
kesehataninfluenza
Tips Alami Atasi Hidung Ingusan
Bagi Anda yang sedang mengalami hidung meler cobalah beberapa solusi alamiah berikut supaya merasa lebih baik. (Foto: Kelly Sikkema/Unsplash.com)

Jakarta: Salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu produktivitas adalah hidung ingusan. Tak hanya terganggu saat bekerja, bahkan tidur pun tak nyaman karena ingus terus meler. 

Bagi Anda yang sedang mengalaminya, cobalah beberapa solusi alamiah berikut supaya merasa lebih baik. 

1. Air jahe
Jahe memiliki sifat antioksidan yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kandungan antiviral dan antijamur yang terdapat di dalamnya juga dapat mengurangi intensitas ingus yang turun dari hidung. Cobalah nikmati jahe dalam bentuk teh atau kunyah dengan sedikit bumbu garam. 

2. Teh hangat
Minuman hangat, seperti teh dengan tambahan kamomil, jahe, atau mint memiliki kandungan antiinflamasi dan antihistamin (mengatasi reaksi alergi). Anda juga bisa mencoba menghidup uap teh herbal sebelum mengonsumsinya untuk meringankan masalah hidung ingusan. 


(Minuman hangat, seperti teh dengan tambahan kamomil, jahe, atau mint memiliki kandungan antiinflamasi dan antihistamin (mengatasi reaksi alergi). Foto: David Mao/Unsplash.com)

(Baca juga: Ini Perbedaan Flu dengan Pilek Biasa)

3. Mandi air hangat
Sama seperti teh hangat, pancuran air hangat dapat meringankan hidung yang berair dan tersumbat. Letakkan wajah langsung di uap dan semprotkan pancuran supaya Anda merasa rileks dan lega. 

4. Minyak kayu putih
Minyak satu ini bersifat antiviral dan antimikroba. Selain itu, kandungan antiinflamasi dan analgesik yang dimiliki minyak kayu putih dapat membantu hidup menjadi lebih baik. Anda bisa mengoleskan beberapa tetes minyak kayu putih ke Anda dan menghirupnya untuk menyingkirkan hidung berair.

5. Kunyit 
Bubuk kunyit penuh dengan antiviral, antibakteri, antiinflamasi, dan sifat antioksidan dan dapat mencairkan lendir. Rendamlah bubuk kunyit dengan minyak biji rami hangat dan hiruplah uap yang keluar yang membubung.





(TIN)