Cara Alami Menginduksi Persalinan

   •    Rabu, 12 Dec 2018 15:14 WIB
kehamilan
Cara Alami Menginduksi Persalinan
Berikut ini adalah beberapa teknik merangsang kontraksi secara alami yang mungkin pernah Anda dengar sebelumnya. (Foto: Andrew Seaman/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak ibu hamil yang khawatir saat tanda persalinan tak kunjung muncul ketika tanggal perkiraan kelahiran sudah lewat. Tidak sedikit juga yang menginginkan persalinan dengan induksi.

Jika proses persalinan tidak juga terjadi secara alami, dokter biasanya memang menyarankan induksi untuk merangsang kontraksi, baik dengan cara yang alami atau lewat obat-obatan.

Namun, tidak mungkin tidak ada metode atau teknik yang terbukti aman dan efektif yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk memicu terjadinya persalinan, melansir dari Motherandbaby.

Berikut ini adalah beberapa teknik merangsang kontraksi secara alami yang mungkin pernah Anda dengar sebelumnya.

1. Gunakan bola bersalin
Anda mungkin sudah diberitahu tentang keajaiban bola melahirkan oleh bidan Anda. Bola bersalin ini memperbaiki postur, keseimbangan, serta benar-benar membantu mendorong persalinan Anda. Dan membantu menggeser posisi bayi Anda sehingga siap lahir.

(Baca juga: Mengenal Kegunaan Epidural Saat Melahirkan)


(Banyak ibu hamil yang khawatir saat tanda persalinan tak kunjung muncul ketika tanggal perkiraan kelahiran sudah lewat. Tidak sedikit juga yang menginginkan persalinan dengan induksi. Foto: Cristian Newman/Unsplash.com)

2. Stimulasi puting
Menstimulasi puting Anda memang dapat melepaskan hormon oksitosin dan membantu memulai proses persalinan. Tapi masih banyak penelitian yang mencari tahu seberapa efektif cara ini.

Karena jika Anda melakukan hal ini, ada kemungkinan terjadi stimulasi yang berlebihan pada uterus dan membuat janin stres. Cara ini dianggap tidak aman untuk dilakukan tanpa pengawasan dokter.

3. Akupresur
Selain menggunakan obat untuk mual di pagi hari yang bisa menghentikan pendarahan atau bercak di awal bulan kehamilan, pijat akupresur juga dapat menginduksi persalinan.

4. Minyak jarak atau castor oil
Minyak jarak ini adalah obat pencahar yang kuat. Meski minyak ini bisa menstimulasi perut yang menyebabkan kontraksi, membantu menginduksi persalinan.

5. Buah kurma
Jika Anda dengan rutin mengonsumsi 6 buah kurma 4 minggu sebelum due date mengalami pembukaan lebih cepat saat persalinan.


Maria Fransiska
    



(TIN)