Hubungan Antara Probiotik dengan Penurunan Berat Badan

Raka Lestari    •    Senin, 04 Feb 2019 10:44 WIB
berat badanprobiotik
Hubungan Antara Probiotik dengan Penurunan Berat Badan
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa para wanita yang mengonsumsi probiotik kehilangan lebih banyak berat badan. (Foto Ilustrasi: I Yunmai/Unsplash.com)

Jakarta: Probiotik sangat bermanfaat untuk kesehatan usus Anda. Probiotik sendiri merupakan mikroorganisme hidup yang secara alami telah ada dalam tubuh ada.

"Probiotik adalah zat yang mendorong pertumbuhan bakteri, khususnya bakteri bermanfaat, yang membantu menjaga kesehatan usus seimbang," kata Frances Largeman-Roth, R.D.N., penulis buku Eating in Color.

"Keseimbangan bakteri baik yang sehat dalam tubuh dapat membantu mengatur berat badan dan menangkal berbagai masalah kesehatan," terang Largeman.

Meski demikian, sampai saat ini belum ada kepastian mengenai apakah probiotik berfokus pada bagaimana meningkatkan masalah pencernaan, atau kesehatan kekebalan tubuh.

Baca juga: Durasi Terbaik Berolahraga untuk Pria dan Wanita

Namun melansir Women's Health, ada salah satu penelitian tentang probiotik dan penurunan berat badan. Studi itu dikeluarkan pada 2013 di The British Journal of Nutrition dan membahas tentang efek satu jenis probiotik, yaitu lactobacillus rhamnosus (LGG).

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa para wanita yang mengonsumsi probiotik kehilangan lebih banyak berat badan, dibandingkan dengan yang hanya mengonsumsi plasebo.

Meskipun begitu, probiotik dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan yang mungkin dapat berpengaruh positif dalam hal penurunan berat badan.

"Bakteri usus dapat menyumbat usus dan bersentuhan dengan makanan yang Anda makan. Jadi pemikirannya adalah bahwa ini dapat berdampak pada bagaimana Anda menyerap nutrisi," kata Amy Gorin, R.D.N, pemilik Amy Gorin Nutrition.

Waspada Penyakit Sinusitis



(FIR)