Tips Mengatasi Eksem di Rumah

Torie Natalova    •    Selasa, 04 Dec 2018 16:13 WIB
kesehatan kulit
Tips Mengatasi Eksem di Rumah
Eczema adalah kondisi jangka panjang yang menyebabkan kulit menjadi gatal, merah, kering dan pecah-pecah. (Foto: Ramon Kraft/Unsplash.com)

Jakarta: Eczema adalah kondisi jangka panjang yang menyebabkan kulit menjadi gatal, merah, kering dan pecah-pecah. Ini paling sering muncul pada anak-anak sebelum usia satu tahun. Tapi, eczema juga dapat didiagnosis pada orang dewasa.

Eczema atau yang dikenal dengan eksem bisa bervariasi, seperti muncul bercak-bercak kecil di daerah kulit kering, hingga memiliki bercak besar dan merah yang meradang.

Penggunaan krim atau salep yang tebal dapat membantu kulit untuk menyembuhkan dan melindungi luka. Minyak petroleum jelly atau minyak mineral juga dapat bekerja baik untuk eksem. Tapi, beberapa pelembap berbasis air tidak dapat menciptakan perlindungan yang kuat untuk kulit.

Penderita eksem juga harus menghindari perubahan suhu yang drastis untuk menghindari gejala semakin memburuk. Tidak ada obat untuk eksem, tapi Anda dapat melakukan banyak hal untuk mengurangi gejalanya dan memberi rasa nyaman pada kulit.

Jaga suhu dalam rumah Anda tetap stabil dan nyaman. Kelembapan yang rendah dapat membuat kulit kering. Anda dapat menggunakan humidifier untuk menambah kelembapan udara. Sama halnya dengan mandi air panas dan lama dapat mengeringkan kulit juga memicu kulit terasa panas.


(Penggunaan krim atau salep yang tebal dapat membantu kulit untuk menyembuhkan dan melindungi luka. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

(Baca juga: Mengurangi Waktu Mandi Bayi dapat Cegah Timbulnya Eksem?)

Gunakan sabun yang lembut, tanpa pewangi atau pembersih dan hindari mandi busa. Setelah selesai mandi, perlahan bersihkan air dengan menepuknya, tidak menggosok menggunakan handuk.

Saat gejala eksem menyerang, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti berikut:

1. Eksem selalu menimbulkan rasa gatal, sebaiknya jangan menggaruk area kulit agar tidak meradang
2. Hindari mandi air panas dan berendam untuk meminimalkan rasa terbakar pada kulit
3. Ganti sabun mandi yang dapat menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan iritasi
4. Melembapkan kulit secara rutin sangat penting karena kulit yang kering dapat memperburuk rasa gatal
5. Beberapa makanan seperti telur dan susu dapat memicu gejala eksem. Bicarakan pada dokter dan hindari mengonsumsinya

Salah satu pelembap terbaik untuk kulit adalah minyak kelapa. Minyak ini dapat mengurangi jumlah bakteri staph pada kulit yang dapat menyebabkan eksem.




(TIN)