Apel dan Cokelat, Makanan Terbaik Penurun Kolesterol

Torie Natalova    •    Jumat, 04 Jan 2019 12:04 WIB
kesehatankolesterol
Apel dan Cokelat, Makanan Terbaik Penurun Kolesterol
Antioksidan dalam apel juga membantu menjaga kolesterol jahat menyumbat arteri. (Foto: Fischer Twins/Unsplash.com)

Jakarta: Kolesterol merupakan zat berlemak yang ditemukan dalam sel-sel Anda. Hati membuat kolesterol secara alami, tetapi kolesterol juga ditemukan dalam makanan hewani seperti daging dan produk susu.

Kadar kolesterol dalam tubuh harus diperhatikan karena jika kolesterol jahat terlalu tinggi, Anda dapat berisiko mengalami penyakit serius seperti diabetes, stroke dan penyakit jantung.

Menurunkan kadar kolesterol dapat dilakukan melalui diet dan olahraga. Menjaga pola makan dengan mengurangi makanan seperti gorengan, manis dan daging bisa menjadi awal menurunkan kolesterol jahat. Anda bisa mulai menambahkan beberapa makanan berikut untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

1. Gandum
Mengonsumsi 5-10 gram serat larut setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang menumpuk di arteri. Ini karena serat tidak diserap baik oleh usus sehingga mengikat kolesterol dalam darah dan membantu mengeluarkannya dari tubuh.

(Baca juga: Cokelat Bantu Meningkatkan Konsentrasi Otak)

2. Ikan berlemak
American Heart Association merekomendasikan untuk makan 3,5 ons ikan berlemak seperti salmon, mackerel, tuna, trout atau herring per minggu. Asam lemak omega-3 dalam ikan-ikan tersebut dapat meningkatkan kolesterol baik.


(Flavanoid dalam cokelat hitam memiliki efek antioksidan yang membantu mencegah peradangan. Foto: Simone van der Koelen/Unsplash.com)

3. Teh hijau
Beralihlah ke teh hijau untuk menurunkan kolesterol dan membantu menghindari Anda dari berbagai penyakit. Para ahli menduga itu karena teh hijau kaya katekin, flavanoid yang dapat mengurangi produksi kolesterol serta memblokirnya agar tidak diserap tubuh.

4. Cokelat hitam
Cokelat tidak selamanya buruk untuk tubuh Anda. Plih cokelat hitam yang dapat membantu mencegah plak menumpuk di arteri Anda. Flavanoid dalam cokelat hitam memiliki efek antioksidan yang membantu mencegah peradangan.

5. Minyak safflower
Mengonsumsi minyak safflower secara teratur dapat menurunkan kolesterol jahat lebih banyak dibanding minyak zaitun. Anda dapat menambahkannya di atas tumisan atau salad.

6. Kale
Kaler telah terbukti mengikat asam empedu. Ini dapat membantu hati membakar lebih banyak lemak yang pada akhirnya menurunkan kolesterol.

7. Apel merah
Satu apel merah setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol. Apel merupakan salah satu sumber pektin terbaik, jenis serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Antioksidan dalam apel juga membantu menjaga kolesterol jahat menyumbat arteri.




(TIN)