7 Makanan Pereda Nyeri Haid

Torie Natalova    •    Selasa, 27 Sep 2016 07:17 WIB
tips kesehatan
7 Makanan Pereda Nyeri Haid
(Foto: New Health Advisor)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nyeri atau kram pada perut tak bisa lepas dari perempuan saat haid. Rasa sakit ini tak jarang sering mengganggu aktivitas setiap bulannya.

Normalnya, perempuan mengalami perdarahan dari vagina setidaknya selama 4-5 hari. Perdarahan ini akibat runtuhnya dinding rahim

jika tidak dalam kondisi hamil. Selain perdarahan, selama siklus haid perempuan juga mengalami perubahan hormonal yang dapat menyebabkan peradangan pada dinding rahim.

Peradangan inilah yang terkadang menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di daerah perut. Akibatnya, banyak yang terpaksa mengonsumsi obat pereda nyeri untuk menghilangkan rasa sakit. Jika terus dikonsumsi secara rutin, obat kimia tentu berbahaya bagi kesehatan.

Ada cara alami yang dapat membantu mengurangi nyeri haid pada perut. Hanya dengan mengonsumsi makanan berikut ini Anda bisa mengurangi rasa nyeri.

1. Cokelat

Pilihlah coklat pekat atau dark chocolate untuk mengurangi peradangan, nyeri serta rasa tidak nyaman lainnya pada perut saat haid.

2. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau baik dikonsumsi selama haid. Sayuran hijau kaya akan kandungan zat besi yang memperlancar aliran darah untuk mengurangi peradangan dan nyeri.

3. Susu

Susu adalah bahan alami yang memiliki kandungan kalsium untuk menghilangkan nyeri haid.

4. Almond

Kandungan vitamin E dalam kacang almond bisa mengurangi peradangan dan sakit di perut.

5. Biji rami

Biji rami kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi nyeri haid secara efektif.

6. Pisang

Buah yang satu ini kaya akan magnesium yang bisa mengurangi kram atau nyeri, sembelit dan bahkan suasana hati selama haid.

7. Apel

Rutin makan apel juga bisa mengurangi nyeri haid. Buah ini kaya akan antioksidan dan serat yang bisa mengurangi nyeri perut juga sembelit yang biasanya terjadi saat haid.
 


(DEV)