Paprika Kuning Bantu Sembuhkan Flu

Torie Natalova    •    Minggu, 09 Oct 2016 11:00 WIB
tips kesehatan
Paprika Kuning Bantu Sembuhkan Flu
(Foto: rainbowinternational)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat musim peralihan cuaca, kondisi tubuh seseorang biasanya akan menurun dan mudah terserang flu. Lemahnya sistem kekebalan tubuh ini menjadi tempat bagi virus untuk membuat seseorang terkena infeksi saluran pernapasan.

Anda biasanya akan memilih suplemen atau vitamin C kemasan. Padahal, ada beberapa jenis makanan yang bisa menangkal virus flu. Salah satunya adalah jahe. Rempah-rempah yang satu ini telah lama dipercaya digunakan sebagai obat, lebih dari 2.000 tahun.

ilmu kedokteran timur telah merekomendasikan jahe untuk membantu menyembuhkan dan mencegah berbagai masalah kesehatan. Menambahkan jahe dalam segelas teh membantu mengatasi flu yang tidak disertai demam. Selain itu, secangkir teh jahe hangat yang dicampur dengan madu dan air lemon dapat mengencerkan lendir dan meringankan rasa tidak nyaman di tubuh.

Selain jahe, beberapa makanan berikut ini bisa mempertahankan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari virus flu.

1. Paprika kuning

Saat jatuh sakit, vitamin C memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun imunitas. Salah satu sumber terbaik vitamin C adalah paprika kuning. Vitamin C sebenarnya tidak benar-benar mencegah flu, tapi vitamin C memainkan peran penting membantu meringankan gejala flu.

Studi menunjukkan bahwa suplemen vitamin C yang dikonsumsi setiap hari dapat membantu mempersingkat waktu terkena flu serta mengurangi gejala flu yang parah.

2. Ikan sarden

Ikan sarden mengandung lemak omega-3 ini membantu mengurangi risiko peradangan dalam tubuh dan penyakit jantung. Selain itu, omega-3 juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan sel imun.

Jumlah omega-3 dalam ikan sarden jauh lebih tinggi dibanding ikan laut lain seperti salmon, trout dan tuna. Tiga ons sarden kalengan mengandung 1.259 mg omega-3, sedangkan salmon hanya memiliki 840 mg omega-3.

3. Buah jeruk dengan kulit

Mengonsumsi buah jeruk setiap hari adalah ide baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Jeruk diketahui mengandung vitamin C yang tinggi. Bagi Anda yang mengalami flu berat, jangan lupa untuk makan bagian kulitnya. Bahan kimia alami yang ada pada kulit jeruk, limonene, dapat memainkan peran potensial dalam pengobatan bronkitis.

Data awal juga menunjukkan bahwa limonene dapat membantu melawan kanker dan membantu menurunkan berat badan. Kulit jeruk bisa Anda olah menjadi saus jeruk untuk masakan seperti ikan goreng tepung atau salad.

4. Jamur

Jamur mengandung vitamin B, selenium dan antioksidan yang tinggi Jamur memiliki efek antivirus dan bisa meningkatkan produksi sel-sel yang melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin B yang cukup tinggi. Kekurangan jumlah selenium bisa meningkatkan risiko yang lebih besar terkena flu.

5. Sup ayam

Sup ayam sejak lama dipercaya bisa membantu menyembuhkan flu. Ini bukan karena ayamnya, tetapi pada dasarnya cairan hangat bisa membantu melonggarkan lendir dan meringankan sakit tenggorokan.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan University of Nebraska Medical center menemukan bahwa kaldu, sayuran dan ayam dalam sup yang telah diuji laboratorium menunjukkan sifat anti-inflamasi. Sifat anti peradangan ini dapat mengurangi gejala dan memperpendek infeksi saluran pernapasan atas seperti flu.


(DEV)