Tinggi Serat, Roti Gandum Sehatkan Pencernaan

Torie Natalova    •    Minggu, 18 Sep 2016 08:50 WIB
diet
Tinggi Serat, Roti Gandum Sehatkan Pencernaan
(Foto: simplebites)

Metrotvnews.com, Jakarta: Siapa yang tak suka roti? Roti merupakan salah satu makanan yang mudah diolah dengan campuran bahan apapun, dan termasuk salah satu makanan favorit orang Indonesia.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai berbagai jenis roti. Namun, mungkin Anda pernah mendengar ada perdebatan terkait roti.

Ada beberapa orang yang mengatakan roti tidak aman dikonsumsi setiap hari karena memiliki kandungan seperti nasi. Benarkah?

(Baca: Jenis Roti yang Bagus untuk Penderita Autisme)

Teori tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada berbagai jenis roti seperti roti gandum, multi grain bread dan roti putih atau white bread yang dikenal lebih sehat dibanding roti biasa.

Roti gandum merupakan jenis roti yang sudah dikenal oleh banyak orang sebagai roti yang menyehatkan. Bahan utama gandum mengandung serat yang tinggi, dan berguna bagi tubuh terutama pencernaan. Selain itu, gandum mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin A.

Berikut adalah manfaat roti gandum yang harus Anda ketahui, seperti dilansir Boldsky.

1. Sehatkan pencernaan

Roti gandum kaya serat yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjaga usus Anda bebas dari kotoran dan racun. Karena kaya serat, gandum tentu saja mampu mencegah sembelit.

2. Meningkatkan kesehatan rambut

Gandum kaya akan vitamin B dan protein sehingga bisa meningkatkan kesehatan kulit dan juga rambut Anda.

3. Mencegah serangan jantung

Roti gandum memiliki kemampuan untuk menghilangkan kolesterol di arteri. Ini penting untuk meminimalisir terjadinya penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung

4. Mencegah diabetes

Roti gandum juga bisa mengatasi diabetes karena kandungan serat dalam roti gandum dapat mengontrol kenaikan gula darah dalam tubuh.

5. Mengurangi rasa lapar

Roti gandum yang utuh lebih sehat karena bisa menjaga Anda dari rasa lapar berlebih karena serat membuat rasa kenyang lebih tahan lama. Sehingga, Anda bisa menjaga berat badan yang ideal.

6. Meningkatkan energi

Roti gandum kaya akan karbohidrat, dan ketika karbohidrat digunakan oleh tubuh mereka akan meningkatkan energi Anda.

7. Mengobati depresi

Roti gandum dipercaya bisa mengobati depresi karena meningkatkan produksi serotonin di otak untuk mengurangi gejala depresi.


Lihat Video: Mengenal Sajian Roti Khas Prancis




(DEV)