BKGN di FKG Universitas Prima Medan: Jajan Sembarangan Perburuk Kesehatan Gigi Anak

M Studio    •    Selasa, 18 Oct 2016 18:50 WIB
kesehatan gigi dan mulut
BKGN di FKG Universitas Prima Medan: Jajan Sembarangan Perburuk Kesehatan Gigi Anak
BKGN kembali hadir di FKG Universitas Prima, Medan

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian besar kondisi gigi anak Indonesia buruk akibat kebiasaan yang salah dalam merawat gigi. Buruknya kesehatan gigi tersebut kian diperparah oleh kebiasaan jajan sembarangan di lingkungan sekolah maupun rumah.

Berdasarkan data dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prima Indonesia, 95 persen jumlah pengunjung anak mengalami karies gigi. Kondisi ini disebabkan kebiasaan jajan sembarangan di lingkungan sekolah ataupun di sekitar rumah, karena pedagang jajanan sering menggunakan zat pewarna dan pengawet dari bahan kimia, di mana  kandungan zat-zat tersebutdapat berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut anak jika terus dikonsumsi.

Melalui Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2016, orang tua dan anak akan mendapatkan edukasi seputar perawatan gigi dan mulut, sehingga diharapkan orang tua dapat menjaga dan mengingatkan anak untuk menjauhi kebiasaan atau makanan yang dapat merusak gigi.

Selama tiga hari, 17 sampai 19 Oktober 2016, BKGN hadir di FKG Universitas Prima, Medan. Dengan kembali hadirnya BKGN di Medan, masyarakat Medan dan sekitarnya mendapat kesempatan untuk melakukan pemeriksaan serta perawatan kesehatan gigi di RSGM Universitas Prima, Medan, secara gratis. Sebagai lokasi kesembilan diadakannya BKGN, FKG Universitas Prima menyiapkan sekitar 100 tenaga ahli untuk memberikan pelayanan berupa konsultasi, penambalan sederhana yang tidak melibatkan perawatan syaraf gigi, pencabutan tanpa komplikasi gigi sulung atau gigi tetap, pembersihan karang gigi, dan perawatan pencegahan gigi berlubang dengan aplikasi fluoride atau fissure sealant dengan menargetkan 1.000 orang pengunjung.

 
Dekan FKG Universitas Prima Indonesia Prof. Dr. drg. Monang Panjaitan, M.S., M.A

"Kita perlu mengedukasi masyarakat Medan, terutama anak-anak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk edukasi akan kebiasaan dan makanan yang dapat merusak gigi. Kita juga mengedukasi mengenai pentingnya perilaku menyikat gigi yang benar pada anak dan kunjungan rutin setiap enam bulan sekali ke dokter gigi," ujar Dekan FKG Universitas Prima Indonesia Prof. Dr. drg. Monang Panjaitan, M.S., M.A, pada pembukaan BKGN di FKG Universitas Prima, didampingi Rektor Universitas Prima Indonesia, Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK dan disaksiksan para civitas akademika.

Kebiasaan buruk yang umum berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut adalah tidak berkunjung ke dokter gigi secara rutin setiap enam bulan sekali. Padahal, melalui kunjungan rutin setiap enam bulan sekali ke dokter gigi,  maka permasalahan gigi bisa segera ditangani sehingga mampu mengurangi risiko gigi berlubang, penyakit gusi, serta mencegah perawatan lanjutan.

“BKGN di FKG Universitas Prima Indonesia akan memberikan pelayanan promotif, preventif, serta kuratif secara gratis. Dengan demikian, kami berharap dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan gigi dan mulut masyarakat Medan dengan membangun pemahaman yang lebih baik lagi akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk mengenal dan mencegah sejumlah kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut anak. Pada kesempatan ini, kami juga memberikan pengalaman edukasi yang menyenangkan bagi anak, yaitu dengan cara menggambar dan mewarnai," tambah Prof. Dr. drg. Monang.


(ROS)