3 Minuman ini Bisa Membuat Kulit Sehat dan Bercahaya

Torie Natalova    •    Senin, 07 Nov 2016 11:40 WIB
kesehatan
3 Minuman ini Bisa Membuat Kulit Sehat dan Bercahaya
Air kelapa merupakan sumber potasium, dimana kebanyakan orang kekurangan potasium akibat terlalu banyak sayuran dan buah saat diet. (Foto: Healthyinstanttips)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda mungkin sudah mengetahui bahwa minum banyak air putih dapat membuat kulit tetap sehat dan bersinar. Alasan utamanya adalah, sel-sel kulit terdiri dari presentase air yang tinggi dan perlu untuk berfungsi dengan baik, seperti sel-sel lain dalam tubuh kita.

Sementara air adalah satu-satunya unsur terpenting, ada juga minuman lain yang dapat memberi manfaat serupa untuk kulit. Minuman sehat berikut ini tak hanya memberikan sejumlah kandungan air, tapi juga nutrisi lain yang mendukung perlindungan terhadap sel-sel kulit dan memperbaikinya.



1. Air kelapa
Ganti minuman energi dan soda Anda dengan air kelapa. Dibanding dengan minuman berenergi, air kelapa merupakan pilihan yang sehat karena memiliki rasa manis yang alami. Air kelapa juga sumber potasium, dimana kebanyakan orang kekurangan potasium akibat terlalu banyak sayuran dan buah saat diet.

Kandungan tinggi antioksidan dalam air kelapa yang dapat memerangi radikal bebas, penanggung jawab penuaan dini. Terakhir, ada beberapa nutrisi dalam air kelapa yang saat ini sedang diteliti untuk manfaat medis mereka seperti phytohormones. 

Secara khusus, salah satu phytohormones yang terkandung dalam air kelapa yang disebut trans-zeatin, ditemukan memiliki anti penuaan dan efek melestarikan kulit tetap muda.

(Baca juga: 5 Tanda Aneh Tubuh Anda Mengalami Dehidrasi)



2. Batasi asupan kopi dan minum lebih banyak teh hijau
Sebaiknya, batasi asupan kopi karena efek dehidrasi yang dimilikinya. Perbanyak minum teh hijau karena tidak memiliki efek dehidrasi pada tubuh dan mengandung antioksidan tinggi yang disebut polifenol. Kandungan ini memiliki sifat anti peradangan dan anti karsinogenik.

Sebuah studi telah menemukan bukti bahwa salah satu dari senyawa ini yang disebut EGCG, dapat membantu menyembuhkan beberapa kondisi kulit seperti rosacea, psoriasis, luka bahkan keriput. Polifenol juga terbukti dapat mencegah kerusakan akibat sinar matahari.



3. Jus dingin
Jus dingin salah satu cara termudah utuk mendapatkan asupan nutrisi yang ada dalam buah-buahan dan sayuran. Cara terbaik untuk menikmati jus yang sehat adalah dengan tidak menambahkan gula, memanaskannya dan melakukan banyak proses. Ini akan meninggalkan banyak vitamin, mineral dan enzim yang diperlukan tubuh.

Nutrisi yang ada pada buah dan sayur seperti vitamin C dan antioksiden lainnya, dapat membantu meningkatkan kesehatan sel-sel kulit.






(TIN)