7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Ketika Diet

Torie Natalova    •    Minggu, 12 Mar 2017 15:46 WIB
diet
7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Ketika Diet
(Foto: harvard)

Metrotvnews.com, Jakarta: Enam puluh persen upaya penurunan berat badan dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Itu sebabnya, sekeras apa pun olahraga yang Anda jalani, apabila tidak dibarengi dengan asupan yang sehat tentu upaya akan sia-sia.

Coba tambah asupan ini jika Anda sedang dalam upaya menurunkan berat badan. Makanan berikut ini baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak menjadi lebih maksimal.

1. Organik

Sebisa mungkin, makan makanan yang tidak tercemar pestisida, hormon atau antibiotik. Hindari produk susu non-organik dan daging. Makan produk organik bila memungkinkan. Jika hindari produk non-organik dengan kadar pestisida tinggi.

2. Makan sayuran

Makan 5 hingga 10 porsi buah dan sayuran setiap hari, terutama sayuran hijau, merah dan oranye. Hindari terlalu banyak sayuran hijau.

3. Konsumsi protein

Penting untuk mengonsumsi protein satu atau dua kali sehari. Anda bisa mengonsumsi protein nabati seperti kacang-kacangan, kacang atau biji-bijian. Anda juga bisa konsumsi yogurt atau kefir yang mengandung probiotik sehat dan baik bagi usus.

4. Pilih lemak sehat

Makan lemak yang sehat seperti zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian dan alpukat. Kelapa juga mengandung minyak sehat yang baik bagi kesehatan dan memiliki tinggi kalori.

5. Roti gandum

Biji-bijian organik sangat baik bagi kesehatan Anda. Sourdough bread merupakan pilihan paling sehat karena dapat menurunkan kadar gula. Oatmeal, barley, millet, roti jagung dan tortila juga beras merah, merupakan pilihan yang baik untuk kesehatan.

6. Batasi pemanis

Batasi mengonsumsi gula atau makanan manis lainnya dan ganti dengan maple syrup, madu atau agave nectar.

7. Perbanyak air putih

Jus buah atau sayuran memang baik untuk kesehatan, namun batasi mengonsumsi jus buah karena mengandung gula yang tinggi. Jika Anda tidak mengidap diabetes atau pradiabetes, Anda bisa mengonsumsi minuman probiotik seperti kefir,atau kombucha. Air putih sangat disarankan untuk Anda minum setiap hari.


(DEV)