7 Penyebab Kuku Anda Mudah Rusak

Torie Natalova    •    Sabtu, 26 Nov 2016 22:49 WIB
kesehatan
7 Penyebab Kuku Anda Mudah Rusak
7 Penyebab Kuku Anda Mudah Rusak (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seringkali, Anda dibuat kesal karena kuku yang sering patah atau rusak. Kuku rusak memang bisa saja terjadi secara tiba-tiba dan seringkali tidak menimbulkan rasa sakit.

Kuku yang rusak dapat merusak penampilan apalagi tampila jari Anda. Ada beberapa penyebab mengapa kuku bisa mengalami kerusakan seperti berikut.

1. Zat besi Anda rendah
Kuku cekung atau seperti tertekan dapat disebabkan oleh rendahya kadar zat besi atau anemia. Zat besi membantu membentuk hemoglobin, molekul yang mengangkut sel darah merah yang berisikan oksigen segar untuk kuku Anda.

2. Sering mengetik
Tanpa Anda sadari, saat mengetik baik itu di laptop, komputer ataupun gadget, dapat merusak kuku Anda yang panjang. Jika kuku Anda melakukan kontak dengan keyboard atau smartphone berulang kali, ini bisa menyebabkan perpecahan, rusak, atau pinggiran kuku yang tidak merata. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah memotong kuku Anda hingga ke batas terpendek.

3. Hanya menggunakan lotion di pagi hari
Bila diperlukan, Anda dapat mengoleskan lotion setiap kali selesai mencuci tangan. Air bisa membuat kulit kering dan jika kulit pada bagian bawah kultikula kering, matriks kuku yang mendasarinya juga kering. Ini berarti kuku Anda rentan pecah, membelah, dan retak. Terapkan lotion di malam hari untuk hasil yang maksimal.

4. Membiarkan cat kuku terlalu lama
Semua cat kuku mengandung bahan yang bisa membuat kuku kering dan melemahkan kelembapan kuku. Terlalu lama membiarkan cat di kuku Anda, dapat membuat kuku semakin kering. Untuk mengatasinya, hapus cat kuku Anda setelah lima hari memakainya. Kemudian, istirahatkan kuku dari cat untuk sementara.

5. Menggunakan base coat
Meskipun memiliki nama base coat, pemoles kuku ini tetap bisa merusak kuku Anda sama seperti jika Anda memoleskan cat di kuku secara langsung. Bahan kimia seperti pelarut etil asetat dapat menggerogotu lempeng kuku sehingga ia bisa lebih lemah dan mudah rusak.

Sebaiknya, oleskan lotion di kuku sebelum melapisinya dengan base coat atau cat kuku. Biarkan hingga kering, baru kemudian oleskan cat kuku Anda.

6. Memangkas kultikula
Kultikula pada kuku berguna sebagai pelindung antara kuku dan kulit yang melindungi kuku Anda dari air, bakteri dan apapun yang Anda sentuh. Jika kultikula dipotong, tidak ada yang dapat mencegah air masuk dan menyebabkan infeksi. Cara terbaik untuk mengatasi kultikula adalah dengan tidak memotongnya. Cukup mendorongnya kembali ke dalam kuku.

7. Memakai penghapus cat kuku yang salah
Cairan penghapus cat kuku bukanlah cairan yang menyehatkan untuk kuku Anda. Aseton yang ada dalam penghapus cat kuku mengangkat minyak alami pada kuku Anda sehingga memicu kuku jadi rapuh. Anda bisa mencoba memakai penghapus kuku yang mengandung bahan lebih alami atau menggunakan minyak.



 


(ELG)