Lilin Aromaterapi, Salah Satu Pencetus Kambuhnya Asma

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 22 Dec 2016 10:25 WIB
kamus kesehatan
Lilin Aromaterapi, Salah Satu Pencetus Kambuhnya Asma
(Foto: Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penderita asma harus berhati-hari dalam beraktivitas agar penyakit pernapasan yang dideritanya tidak kambuh.

Mereka yang terkena asma memliki saluran udara yang sangat sensitif pada hal tertentu dengan respons yang berbeda untuk setiap individu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kondisi apa saja yang dapat memicu kambuhnya asma.

1. Terpapar faktor pencetus

Setiap pasien asma memiliki faktor pencetus asma yang berbeda-beda. Sebagai contoh, ada yang kambuh jika terpapar debu, ada juga yang asmanya kambuh ketika cuaca sedang dingin. Dengan pengawasan asma secara rutin oleh dokter, Anda dapat mengetahui faktor pencetus apa yang dapat memicu kambuhnya asma. Setelah itu, hindarilah faktor pencetus tersebut.

2. Olahraga di udara dingin

Kebiasaan olahraga di udara dingin dapat memicu asma. Oleh karena itu, usahakan olahraga di suhu udara optimal untuk mencegah timbulnya asma.

Kebiasaan olahraga berat juga berpotensi menimbulkan serangan asma karena dapat menginduksi bronkokonstriksi yang merupakan pemicu asma karena olahraga. Namun, gejala ini akan menghilang setelah beberapa kali olahraga berat. Dengan pengobatan yang tepat, olahraga berat tak perlu dibatasi.

3. Tinggi emosi

Gejala asma bisa muncul jika Anda terbiasa mengungkapkan perasaan secara gamblang, seperti marah, ketakutan, dan senang dengan tertawa, teriak, dan menangis. Mengekspresikan emosi dapat mengubah pola pernapasan sehingga menyebabkan mengi atau gejala asma lainnya.

4. Konsumsi aspirin berlebih

Kebiasaan mengambil aspirin saat sedang keadaan tergesa-gesa, Anda bisa terkena asma jika Anda sensitif pada obat tersebut.

5. Menggunakan lilin aromaterapi

Jika Anda senang menghirup lilin aromaterapi, pastikan Anda sudah mencaritahu kandungan lilin tersebut aman. Bahan kimia yang terdapat dalam lilin dapat memicu kambuhnya asma. (Boldsky)



Video: Latih Postur Tubuh dan Pernafasan dengan Yoga Iyengar




(DEV)