Manfaat Utama Meditasi Untuk Kembangkan Kesadaran

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 17 Oct 2016 08:00 WIB
meditasi
Manfaat Utama Meditasi Untuk Kembangkan Kesadaran
Meditasi secara rutin memberi efek positif pada otak yang berkaitan dengan perasaan bahagia dan sejahtera. (Foto: Baruch.cuny)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meditator asal Nepal, Yongey Mingyur Rinpoche mengungkapkan bahwa pada dasarnya manusia memiliki pola monkey mind dimana saat seseorang berpikir untuk tidak mengingat sesuatu, pikirannya justru tertuju pada hal yang tak ingin dipikirkan tersebut.

"Normalnya pikiran kita tak punya kebebasan untuk memikirkan apapun karena faktor monkey mind yang membuat kontradiksi tersebut," ujar pria yang dijuluki Happiest Man on Earth tersebut dalam konfrensi pers Teaching Tour 2016, Kamis (13/10/2016).

Oleh karena itu, meditasi diperlukan untuk membebaskan dan menenangkan pikiran yang bersliweran dalam otak.

(Baca juga: Penyebab Wanita Lebih Tertarik Meditasi)

Meditasi merupakan seni mengasah kesadaran dan pemahaman secara mendalam. Metode ini dapat digunakan untuk mengembangkan kualitas positif dalam diri seperti kebijakan, kasih sayang alami, serta mengurangi pola emosional yang negatif.

Praktik ini meyakini bahwa setiap orang berpotensi dapat menemukan kebahagiaan dari dalam tanpa perlu bergantung pada kebahagiaan yang berasal dari luar. Untuk bisa mencapainya, diperlukan ketekunan dalam bermeditasi. Selain itu, meditasi juga membuat seseorang merasa puas dengan dirinya sendiri dan bahagia dalam menghadapi segala kondisi dalam hidup.

Meditasi juga membantu menyadarkan tentang kebahagiaan yang dialami seseroang pada masa itu meskipun berbagai masalah berdatang. Dalam konteks ini, perasaan negatif yang muncul dari masalah tersebut ditransformasikan menjadi sumber kedamaian dan ketenangan dari dalam sehingga kesadaran akan dalam melihat setiap nilai kehidupan pun semakin bisa dirasakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, meditasi mendapat perhatian cukup besar karena para peneliti dari beberpa universitas ternama seperti Harvard, MIT, University of Wisconsin, dan universitas-universitas lain melakukan penelitian tingkat lanjut tentang efek meditasi terhadap tubuh.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa metode praktis yang dilakukan secara rutin tersebut memberi efek positif pada otak yang berkaitan dengan perasaan bahagia dan sejahtera, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu memajukan kapasitas otak untuk memusatkan pikiran dalam jangka waktu berkepanjangan, dan berguna sebagai metode pengobatan yang efektif untuk penyakit jiwa.




(TIN)