Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Bantu Tingkatkan Fokus

Raka Lestari    •    Rabu, 15 Nov 2017 16:04 WIB
studi kesehatan
Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Bantu Tingkatkan Fokus
Kafein dalam kopi dapat menghalau kantuk (Foto: Reader Digest)

Jakarta: Secangkir kopi idealnya diminum ketika pagi hari untuk menambah semangat. Namun, kopi ternyata juga bermanfaat dikonsumsi sebelum tidur siang.

Caffeine nap  atau coffee nap  terbukti sebagai metode yang ekeftif untuk mengisi ulang kembali energi, berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Psychophysiology.

Pada studi tersebut, partisipan diberikan tugas untuk menyelesaikan mengemudi melalui simulator dan diberikan tiga pilihan untuk meningkatkan tingkat responsif mereka.

Satu grup diberikan kopi sebelum mengemudi simulator, grup lainnya diizinkan tidur sebentar selama 15 menit, sementara grup terakhir diberikan kopi dan waktu untuk tidur siang. Lalu mereka diharuskan untuk mengemudi simulator pada siang hari, pada waktu dimana tingkat kewaspadaan menurun.

Hasilnya menunjukkan, bahwa pada kelompok yang hanya mengonsumsi kafein, rasa kantuk berkurang secara signifikan. Namun pada kelompok yang mengonsumsi kafein dan melakukan tidur siang, rasa kantuk telah hilang secara keseluruhan.

"Ketika kopi dikonsumsi, kafein akan diserap dan memengaruhi sistem saraf dalam waktu 30 menit," Dr Kereem Bortecen dari NYC Surgical Associates seperti dilansir dari Men's Health.

"Sedangkan kopi yang dikonsumsi sebelum tidur siang akan menaikkan energi selama seharian sampai kafein tersebut dicerna," tambahnya.


 


(DEV)