Tips Mengatur Pencahayaan agar Rumah Terasa Nyaman

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 27 Oct 2017 07:00 WIB
tips & trik
Tips Mengatur Pencahayaan agar Rumah Terasa Nyaman
(Foto: sndimg)

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk menciptakan rumah yang nyaman, pemilihan perabot yang tepat saja tidak cukup. Dalam hal ini, pencahayaan ruang juga ikut berperan memberikan kenyamanan. Lalu, bagaimana bentuk pencahayaan yang baik dalam rumah?

"Pencahayaan paling baik sifatnya alami, yaitu dari matahari. Namun kalau dalam rumah perlu dikontrol," ujar konsultan desain pencahayaan Teuku Rinaldi dalam peluncuran Philips LED Eye Comfort, Kamis (26/10/2017).

Peran lampu tentunya penting untuk memberi cahaya dalam rumah, terutama di malam hari yang sudah tak bisa mengandalkan cahaya alami, matahari. "Namun, prinsip lampu asal terang sudah tak tepat," tandas Aldi, menampik asumsi lama.

Menurutnya, nilai estetika sudah mulai bermain dalam hal pencahayaan. "Lampu bisa memperlihatkan sisi interior dari suatu ruangan dengan lebih detail."

Oleh karena itu, kualitas lampu harus diperhatikan dimana sebaiknya tidak redup sehingga segala sesuatu dalam ruangan lebih terlihat jelas.

Aldi juga menambahkan, pencahayaan pada lampu memiliki tiga fungsi yang bermanfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun psikis.

Pertama, cahaya lampu bisa memperbaiki suasana hati. "Ketika capek setelah pulang kantor, peraaaan bisa lebih rileks dan santai bila pencahayaan dalam ruang bagus."

Kemudian, pencahayaan bisa memberikan persepsi baru. Misalnya, membuat ruang kecil terlihat lebih besar atau ruangan menjadi lebih tinggi.

Terakhir, pencahayaan bisa dijadikan sebagai pemisah ruangan. Misalnya, pada bagian kamar yang lebih terang bisa digunakan sebagai tempat belajar sementara bagian tempat tidur menggunakan pencahayaan yang lebih redup.




(DEV)