4 Cara Mengobati Pusing Tanpa Minum Obat

Raka Lestari    •    Rabu, 25 Oct 2017 16:46 WIB
kesehatan
4 Cara Mengobati Pusing Tanpa Minum Obat
(Foto: Healthhype)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian besar pusing biasanya bukan indikasi kesehatan yang serius dan mudah hilang dengan mengonsumsi obat. Namun, beberapa orang tidak biasa minum obat sehingga memilih pasrah dan tidur-tiduran saja.

Beberapa cara bisa membuat pusing mereda tanpa minum obat. Dengan langkah ini dan istirahat, pusing bisa segera sembuh.

1. Minum sebelum makan

Tubuh membutuhkan banyak cairan. Berdasarkan penelitian yang dilaporkan The Harvard Healt Letter, makan dapat menyebabkan penurunan tekanan darah sehingga Anda merasa pusing dan melayang. Kondisi ini disebut dengan postprandial hypotension dan bisa diatasi dengan meminum segelas air 15 menit sebelum makan.

2. Minum teh jahe

Jahe dapat memberikan banyak manfaat yang mengejutkan. Pada sebuah studi di 1982, peneliti di Brigham Young di University and Mount Union College di Ohio menunjukkan bahwa bubuk jahe lebih baik daripada dramamine dalam mengobati mual dan pusing yang disebabkan karena mabuk laut. Untuk mengobati gejala yang Anda alami, masukkanlah setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam teh atau air panas. Efeknya dapat dirasakan dalam waktu setengah jam, dan dapat bertahan sampai empat jam.

3. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C

Setiap orang membutuhkan makanan yang mengandung banyak vitamin dalam hidupnya. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Acta Oto-Laryngologica, peneliti menemukan bahwa pasien yang menderita vertigo dan pusing mengalami sedikit gejala saat mereka mengonsumsi makanan tinggi vitamin C. Berdasarkan MedlinePlus, buah-buahan sitrus, strawberry, melon, paprika hijau, tomat, brokoli, ubi jalar, dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya memiliki jumlah vitamin C tertinggi.

4. Konsumsi biji-bijian

Penelitian dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa makanan yang dapat dicerna tubuh dengan cepat, seperti nasi putih, kentang, dan makanan yang mengandung tepung dan gula halus, dapat menyebabkan gula darah Anda turun. Untuk menghindari pusing yang disebabkan makanan tersebut konsumsilah makanan yang lama dicerna dan tinggi serat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Daging-daging rendah lemak seperti ikan dan ayam juga merupakan pilihan yang baik.




(DEV)