5 Pertanda Tubuh Kurang Serat

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 02 Nov 2017 10:51 WIB
kesehatan
5 Pertanda Tubuh Kurang Serat
Asupan serat cukup krusial bagi Anda yang sedang menjalani diet. Ketika asupan serat tercukupi, Anda akan merasa lebih kenyang sehingga kecenderungan untuk makan kalori akan menurun. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Serat adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Zat gizi zatu ini juga sangat membantu bagi Anda yang sedang menjalani proses penurunan berat badan. 

Namun, tubuh juga akan memberi sinyal jika kekurangan serat. Berikut adalah pertanda bahwa Anda membutuhkan lebih banyak asupan serat. 

1. Kelaparan tak lama setelah makan 
Anda akan merasa lebih kenyang ketika mengonsumsi makanan tinggi serat dibandingkan makanan tinggi karbohidrat. Hal ini dikarenakan serat larut membentuk semacam gel dalam saluran pencernaan sehingga memperlambat penyerapan nutrisi dalam aliran darah. Ketika Anda kurang makan serat, maka Anda akan cepat lapar. 

2. Kurang energi
Konsumsi karbohidrat dapat menimbulkan lonjakan gula dalam darah setelah makan. Tubuh memproduksi lebih banyak insulin dimana hal tersebut akan berpengaruh pada energi. Sementara, konsumsi makanan tinggi serat membuat peningkatan gula darah dalam kadar yang lebih rendah sehingga tingkat energi pun lebih seimbang. 



(Baca juga: 5 Rahasia Sukses Menurunkan Berat Badan)

3. Tak bisa buang air besar (BAB)
Serat menambah sebagian besar isi saluran pencernaan sehingga membuat organ tersebut terus bergerak. Kurang asupan serat dapat membuat BAB tak lancar dan kering sehingga memicu konstipasi dan mengacaukan pergerakan usus. 

4. Berat badan tak turun
Asupan serat cukup krusial bagi Anda yang sedang menjalani diet. Ketika asupan serat tercukupi, Anda akan merasa lebih kenyang sehingga kecenderungan untuk makan kalori akan menurun. Selain itu, makanan tinggi serat umumnya perlu dikunyah lebih lama dan membutuhkan waktu lebih panjang untuk dicerna dalam perut. 

5. Memiliki masalah jantung
Serat yang digabungkan dengan nutrisi lain seperti besi, seng dan vitamin B dapat membantu menurunkan kolesterol. Jika memiliki masalah jantung, coba lihat apakah asupan serat Anda sudah cukup. 










(TIN)