Mengenal Alexithymia, Ketidakmampuan Seseorang untuk Mengekspresikan Emosi

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 01 Nov 2017 06:00 WIB
kamus kesehatan
Mengenal Alexithymia, Ketidakmampuan Seseorang untuk Mengekspresikan Emosi
(Foto: Mensxp)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda termasuk tipe orang yang susah mengekspresikan emosi? Penelitian baru-baru ini mengidentifikasi nama dari perilaku tersebut, yang disebut dengan alexithymia.

Jurnal Scientific Reports menemukan bahwa kondisi tersebut berkaitan dengan persepsi seseorang terhadap bau dan emosi.

"Ada tumpang tindih parsial di antara otak yang berhubungan dengan persepsi penciuman dan memproses emosi," tutur ilmuwan yang melakukan penelitian ini Marilena Aiello, Raffaella Rumiati dan Cinzia Cecchetto ini.

Para peneliti melakukan serangkaian tes penciuman dan menemukan bahwa seseorang dengan alexithymic punya reaksi berbeda dari orang yang tak terkena sindrom tersebut. Hal ini terlihat dari parameter fisiologisnya, seperti denyut jantung atau konduktivitas listrik kulit mereka yang menjadi lebih cepat.

Tes tersebut juga menunjukkan adanya perbedaan dalam reaksi antara subjek yang ditandai alexithymia afektif, yang mengkompromikan kemampuan untuk mengidentifikasi, mengekspresikan dan membedakan emosi.

"Seolah-olah emosi intens yang dialami orang-orang ini membuat mereka tidak peka terhadap perubahan di dalamnya. Ini adalah pengamatan ilmiah yang kontra-intutitif, namun sangat signifikan," ujar Marilena.




(DEV)