Minum 3-4 Cangkir Kopi per Hari Memberi Manfaat Kesehatan

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 25 Nov 2017 06:14 WIB
kopi
Minum 3-4 Cangkir Kopi per Hari Memberi Manfaat Kesehatan
Minum 3-4 Cangkir Kopi per Hari Memberi Manfaat Kesehatan (Foto: shutterstock)

Jakarta: Sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Medical Journal (BMJ) menyebutkan bahwa konsumsi kopi dalam takaran sedang, yaitu tiga sampai empat cangkir dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan.

Para peneliti dari University of Southampton mengumpulkan data tentang dampak kopi pada segala aspek pada tubuh manusia dari sekitar 200 studi yang kebanyakan bersifat observasional. 

Studi tersebut menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi tiga cangkir kopi per hari mengalami penurunan risiko terkena gangguan jantung atau meninggal karena penyakit tersebut, bila dibandingkan dengan mereka yang tak mengkonsumsi kopi.

Manfaat terbesar dari konsumsi kopi terlihat pada penurunan gangguan liver, termasuk kanker pada organ tersebut. Namun, tak berarti semuanya berkat kopi.

"Beberapa faktor seperti usia, kebiasaan merokok, dan intensitas olahraga juga memberi pengaruh. Terdapat keseimbangan dalam risiko hidup dan manfaat dari konsumsi kopi tingkat sedang dapat meringankan risiko tersebut," terang asisten penulis Paul Roderick kepada BBC.

Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris sendiri merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 200 mg kafein per hari, setara dengan dua cangkir kopi instan, karena terlalu banyak kandungan tersebut akan meningkatkan risiko keguguran. 

Para peneliti menyarankan agar para peminum kopi mencoba trik sehat, yaitu menghindari tambahan gulan, susu atau krim, serta ditemani camilan saat mengkonsumsi minuman berwarna gelap tersebut. 



(ELG)