Atasi Kulit Iritasi karena Kosmetik dengan 6 Bahan Alami Ini

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 24 Nov 2017 16:06 WIB
kesehatan kulit
Atasi Kulit Iritasi karena Kosmetik dengan 6 Bahan Alami Ini
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Kosmetik seperti bedak, lipstik, foundation, lotion, eye shadow, sudah menjadi barang wajib yang menghiasi keseharian perempuan. Sayangnya banyak produk kosmetik menimbulkan ketidaknyamanan pada kulit.

Hal itu bisa dipengaruhi sensitifitas kulit, penggunaan produk kosmetik kadaluarsa, dan masih banyak lagi pemicu alergi pada kulit.

Kalau mengalami iritasi pada wajah, segera konsultasi dengan dokter. Atau, Anda bisa mencoba meredamnya dengan bahan-bahan alami, seperti dilansir dari Boldsky:

1. Aloe vera

Tanaman ini diketahui memiliki efek menenangkan pada kulit yang teriritasi. Caranya dengan mengeluarkan gel pada tanaman lidah buaya dan mengoleskannya pada area iritasi.

2. Air mawar

Air mawar sarat dengan antioksidan yang menenangkan kulit dan merupakan ramuan yang bisa menimbulkan reaksi positif pada alergi kosmetik.

3. Es batu

Para ahli setuju bahwa es batu bisa meredamkan iritasi kosmetik. Es batu dapat mengurangi kemerahan, menghilangkan rasa gatal, dan ketidaknyamanan akibat alergi.

4. Minyak zaitun

Obat alami ini telah digunakan sejak berabad-abad untuk mengobati alergi kulit. Oleskan sedikit minyak zaitun pada bagian kulit yang terkena iritasi untuk meredamkannya.

5. Madu

Madu kaya akan kandungan antiseptik yang bisa digunakan untuk meringankan gejala alergi. Oleskan madu pada bagian yang terkena alergi.

6. Irisan timun

Irisan timun juga bisa membatasi penyebaran reaksi alergi yang disebabkan oleh make up. Efek dingin timun dapat mengobati alergi dan mengurangi kemerahan serta gatal pada area tersebut.


(TRK)