Manfaat Yoga pada Malam Hari

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 11 Jan 2018 12:03 WIB
tips berolahraga
Manfaat Yoga pada Malam Hari
(Foto: Boldsky)

Jakarta: Padatnya aktivitas membuat kita tak memiliki waktu untuk berolahraga. Namun, bukan berarti tak bisa melakukannya pada malam hari.

Tak sedikit orang melakukan yoga pada malam hari. Namun, menurut ahli yoga Pragya Bhatt, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mempraktikkannya.

"Anda sebaiknya melakukan yoga asana minimal 2-3 jam setelah makan berat. Kemudian, makanlah buah-buahan setelah yoga. Jika Anda makan makan malam pukul 19.30, lakukan yoga pada pukul 9 malam."

Menurutnya, beberapa pose yoga dapat membantu menenangkan dan menyegarkan sehingga cocok dilakukan di malam hari. Beberapa diantaranya adalah paschimottanasana (cium lutut) dengan gerakan membungkukkan tubuh ke bagian depan hingga menyentuh lutut saat duduk, atau uttanasana yang dilakukan dengan posisi berdiri. Pose tersebut membantu menghilangkan stres dan mendetoksifikasi.

Selain itu, Anda juga sebaiknya menyudahi yoga dengan yoga nidra atau yoga tidur. Pose tersebut tersebut membantu menciptakan transisi damai antara praktek yoga dan keseharian Anda. Pada dasarnya, Anda juga dapat melakukan yoga nidra di kantor sebelum pulang ke rumah untuk melepaskan stres pekerjaan.

Setelah selesai melakukan sesi yoga, tunggulah sekitar satu jam sebelum tidur.

Namun, hindari melakukan yoga larut malam jika sedang tengah hari pertama atau kedua masa haid. Yoga malam, di sisi lain, baik untuk ibu hamil.




(DEV)