Begini Menurut Ahli Cara Orang Menilai Anda

Raka Lestari    •    Senin, 01 Jan 2018 11:43 WIB
psikologi
Begini Menurut Ahli Cara Orang Menilai Anda
Sebuah studi tahun 2017 oleh psikolog Leslie Zebrowitz dari Brandeis University menemukan bahwa orang menggunakan empat titik untuk menilai wajah Anda. (Foto: AJ Colores/Unsplash.com)

Jakarta: Pastinya Anda sudah tahu bahwa kesan pertama merupakan sesuatu yang sangat penting. Namun ternyata rahasia yang sebenarnya untuk membangun koneksi yang baik tidak hanya bergantung pada cara Anda berpakaian, itu semua membutuhkan sesuatu yang lebih dari hanya sekedar berpakaian dengan baik. 

Menurut Amy Cuddy, seorang profesor Harvard Business School yang telah meneliti mengenai first impression selama lebih dari 15 tahun mengatakan, setiap orang secara sadar atau tidak sadar akan mengajukan dua pertanyaan saat mereka bertemu dengan seseorang yang baru: Dapatkah saya mempercayai orang ini? Dan bisakah saya menghormati orang ini?

Kedua pertanyaan tersebut mengukur keramahan dan kompetensi seseorang. Tapi, kata Cuddy Anda harus terus mendapatkan kepercayaan teman sebaya untuk memenangkan rasa hormat mereka bahkan di tempat kerja. 

(Baca juga: Mengapa Pria Kreatif Terlihat Lebih Menarik?)


(Sebuah studi tahun 2017 oleh psikolog Leslie Zebrowitz dari Brandeis University menemukan bahwa orang menggunakan empat titik untuk menilai wajah Anda. Foto: Pixabay)

"Jika seseorang yang Anda coba pengaruhi tidak mempercayai Anda, Anda tidak akan terlalu berhasil. Sebaliknya, Anda bahkan mungkin mendapatkan kecurigaan karena Anda terlihat manipulatif, orang yang ramah dan dapat dipercaya akan mendapatkan rasa hormat tapi jika Anda sudah bisa membangun kepercayaan setelahnya kekuatan Anda akan membuat Anda disukai orang lain." 

Namun hal tersebut bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan kepercayaan dengan orang yang baru dikenal. Penampilan fisik juga penting. Sebuah studi tahun 2017 oleh psikolog Leslie Zebrowitz dari Brandeis University menemukan bahwa orang menggunakan empat titik untuk menilai wajah Anda yaitu: wajah Anda, keakraban, kebugaran, dan persamaan emosional. 

Meskipun Anda tidak bisa mengendalikan semua faktor ini, Anda bisa memperbaiki "persamaan emosional Anda" dengan menggunakan bahasa tubuh yang membangun kepercayaan secara alami.

Lain kali bila Anda bertemu seseorang yang baru, fokuskan untuk mendapatkan kepercayaan mereka tidak perlu harus melakukannya dengan menjabat tangan mereka dengan erat-erat. 









(TIN)