Jika Anda Suka Memakai Pasta Gigi Anak, Sebaiknya Hentikan

Yatin Suleha    •    Kamis, 12 Oct 2017 11:37 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Jika Anda Suka Memakai Pasta Gigi Anak, Sebaiknya Hentikan
Tidak dipungkiri jika Anda memakan yang terasa asam juga bisa merusak enamel gigi. Dan esktra flourida dapat menambah proteksi gigi Anda. (Foto: Ekaterina Kartushina/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda pernah memakai pasta gigi rasa jeruk, stroberi, atau melon punya anak atau keponakan Anda? Jika iya, sebaiknya Anda hentikan.

Mengapa? Kami berikan penjelasannya.

Dilansir dari Rd.com, dokter Frederick Baker, DDS, dari Lakeview Dental Associates di Parsippany, New Jersey mengatakan, "Jika orang dewasa menggunakan sesekali pasta gigi anak-anak, hal tersebut tidak membahayakan. Namun, saya tidak merekomendasikan hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan (terutama bagi orang dewasa)."



Alasan di balik pasta gigi anak
Menurut Dr. Baker, kebanyakan pasta gigi anak-anak-terasa buah segar, namun memiliki isi fluorida yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pasta gigi untuk remaja dan dewasa. 

(Baca juga: Memilih Pasta Gigi Anak)

"Hal ini karena anak-anak sering juga-baik sedikit atau banyak, menelan pasta giginya ketika menyikat gigi. Untuk itu pasta gigi dirancang seperti itu. Anak kecil memakai pasta giginya."

"Sebaliknya, jika anak kecil memakai pasta gigi dewasa-dan jika kebanyakan flourida (tertelan) dalam pencernaan, bagi anak bisa menyebabkan reaksi yang membahayakan di bagian ginjal," terang kesimpulan laporan tersebut. 



Dr. Baker menerangkan bahwa orang dewasa membutuhkan kandungan flourida lebih banyak karena orang dewasa memakai gigi untuk lebih banyak keperluan yang kompleks. Mengigit, menggiling, mengunyah, dan banyak lagi lainnya. "Itulah mengapa, idealnya orang dewasa memakai pasta gigi yang sesuai."

"Tidak dipungkiri jika Anda memakan yang terasa asam juga bisa merusak enamel gigi. Dan esktra flourida dapat menambah proteksi gigi Anda-yang terdapat di dalam pasta gigi yang memang sudah diperuntukan bagi Anda, orang dewasa. Jadi sebaiknya jika Anda masih suka memakai pasta gigi anak-anak, hentikan," pesan Dr. Baker.










(TIN)