5 Hal yang Dapat Anda Pelajari dari Hubungan LDR

Anindya Legia Putri    •    Senin, 04 Dec 2017 14:52 WIB
romansapsikologi
5 Hal yang Dapat Anda Pelajari dari Hubungan LDR
Komunikasi adalah satu-satunya hal yang membuat hubungan jarak jauh tetap berjalan. (Foto: Pixabay)

Jakarta: Cinta tidak mengenal jarak. Saat kita jatuh cinta, jarak justru akan membuat hubungan semakin kuat. Dalam kehidupan kita, sering orang yang kita cintai perlu pindah ke kota atau negara yang berbeda karena berbagai alasan.

Namun ketika Anda serius menjalin suatu hubungan dan memiliki komitmen satu sama lain, Anda sudah masuk ke dalam hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR).

Memiliki hubungan jarak jauh memang cukup rumit karena Anda diharuskan untuk lebih berusaha memertahankannya, setiap orang dalam sebuah hubungan harus berusaha untuk menjaga agar hubungan yang dijalani tetap menarik.

Orang-orang dalam hubungan LDR mungkin tidak bisa meluangkan waktu satu sama lain secara fisik, tapi di zaman sekarang, tetap bersama secara virtual adalah mungkin. Di era teknologi saat ini, kita dapat terus berhubungan dengan pasangan kita melalui berbagai platform media sosial.

Dengan hubungan jarak jauh, setiap pasangan akan lebih menghargai waktu untuk saling bertemu. Akan mengusahakan setiap kesempatan yang mereka dapatkan untuk bertemu di media sosial, telepon atau alat komunikasi lainnya. Jadi, ada sesuatu yang bisa dipelajari dari mereka.


(Orang-orang dalam hubungan LDR mungkin tidak bisa meluangkan waktu satu sama lain secara fisik, tapi di zaman sekarang, tetap bersama secara virtual adalah mungkin. Foto: Pixabay)

(Baca juga: Manfaat Positif Menjalin Hubungan Jarak Jauh)

Dan berikut, lima hal yang dapat Anda pelajari dari hubungan jarak jauh.

1. Mengajarkan mandiri
Hubungan jarak jauh tidak memungkinkan kita menjaga keamanan pasangan saat mereka di samping kita. Dalam hubungan jarak jauh, Anda perlu sendirian menghadapi situasi tertentu dalam hidup. Selain itu, Anda juga memiliki banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda minati sendiri.

2. Mengajarkan sabar
Orang-orang dalam hubungan normal mungkin sering menempel pada pasangan mereka dan merasa kesal jika mereka tidak menerima telepon mereka atau melewatkan kencan. Hal ini sering menjadi alasan untuk argumen di antara pasangan.

Tapi dalam hubungan jarak jauh, Anda perlu memberi ruang pada pasangan Anda. Mereka mungkin sibuk dengan hal-hal penting lainnya dan mungkin tidak dapat dijangkau oleh Anda sepanjang waktu.

Sehingga, pasangan yang memiliki hubungan jarak jauh perlu memiliki banyak kesabaran dalam hal mendapatkan kesempatan untuk bertemu, karena mereka mungkin harus menunggu selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan atau bahkan mungkin melakukan perjalanan cukup jauh hanya untuk bertemu dengan orang yang mereka cintai.


(Dalam hubungan LDR, Anda perlu memberi ruang pada pasangan. Mereka mungkin sibuk dengan hal-hal penting lainnya dan mungkin tidak dapat dijangkau oleh Anda sepanjang waktu. Foto: Pixabay)

3. Pentingnya komunikasi
Komunikasi adalah satu-satunya hal yang membuat hubungan jarak jauh tetap berjalan. Pasangan yang tinggal bersama sering tidak menyadari betapa berkomunikasi itu penting dalam hubungan.

Tanyakan pada teman Anda yang tengah menjalani hubungan jarak jauh, bagaimana perasaan mereka saat WiFi berhenti bekerja atau menghadapi masalah konektivitas.

4. Langkah kecil yang berarti
Mengirimkan hadiah yang disukai pasangan Anda, mengirimkan foto saat bersama atau mengirim pesan lucu satu sama lain akan memberikan tempat khusus dalam hubungan jarak jauh. Langkah ini membuat para pasangan merasa selalu ada dalam pikiran masing-masing.

5. Mengajarkan cinta tak bersyarat
Hubungan jarak jauh mengajarkan kepada kita bahwa penting untuk tetap bersama meskipun jaraknya seribu mil. Hubungan jarak jauh perlu bertahan dalam ujian waktu dan melewati banyak rintangan dalam hidup.

Hal ini membuat kedua pasangan dan ikatan mereka lebih kuat seiring berjalannya waktu. Ini juga mengajarkan kita untuk menerima pasangan kita bahkan di masa-masa sulit yang pasti akan segera berakhir dan satu-satunya hal yang mengikat dua orang bersama adalah cinta.










(TIN)