Benarkah Keluar Rumah dengan Rambut Basah Bikin Anda Sakit?

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 03 Dec 2017 12:06 WIB
kesehatan
Benarkah Keluar Rumah dengan Rambut Basah Bikin Anda Sakit?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kebanyakan orang tak suka keluar rumah dalam keadaan rambut basah karena dapat menyebabkan sakit. Namun benarkah demikian?

Berikut jawaban dari Holly Mills dan Micky Kibbe selaku ahli rambut.

Mereka setuju bahwa rambut basah dapat memengaruhi suhu tubuh, yang pada akhirnya dapat membuat tubuh menjadi tak nyaman. Ini karena, saat tubuh keluar dalam keadaan basah, maka tubuh harus berjuang agar tetap hangat dan sistem imun bekerja semakin keras agar kuman tak bisa masuk begitu saja.  

Selain dari segi kesehatan tubuh, kesehatan rambut juga ikut terpengaruh di mana kebiasaan tersebut dapat membuat helai mudah patah. Efek buruk tersebut bisa berlaku untuk semua jenis rambut, terutama rambut keriting.

"Ketika air mencapai titik beku, maka cairan tersebut membeku dan mengembang hampir 10 persen. Jadi saat Anda berjalan pada hari yang dingin dengan rambut basah, molekul air yang menempel pada lapisan kutikula luar membelah dan melebar," kata Becky Marinich, pengajar di Aquage Haircare.

Akibatnya, batang rambut membengkak dan menyebabkan lapisan kutikula terangkat sehingga membuat rambut rentan terhadap kerusakan lingkungan dan panas. Saat rambut membeku, secara alami bagian tubuh tersebut akan menjadi kurang lentur dan mudah rusak.

Seberapa cepat rambut patah tergantung pada kekuatan kutikula rambut dan jenis rambut. Selain itu, gangguan lain seperti ketombe pun bisa muncul.

"Udara yang dingin dan kering dapat mengeringkan kulit kepala dan juga rambut. Oleh karena itu, Mills menyarankan untuk menyisir dengan sisir lebar sebelum keramas dengan tujuan menghilangkan kulit kering dan menstimulasi sirkulasi darah.

Untuk menghilangkan risiko tersebut, Mills dan Kibbe menyarankan untuk keramas pada malam hari, namun tidak tertidur dalam keadaan basah karena akan memberi efek yang serupa terutama kulit rambut menjadi lebih lembab.

Keringkan rambut dengan cara menggunakan handuk dengan serat mikro agar lebih baik dalam menyerap air.





(DEV)