Gelisah tanpa Ponsel, Tanda Nomophobia?

   •    Jumat, 02 Jun 2017 14:12 WIB
psikologikesehatan mental
Gelisah tanpa Ponsel, Tanda Nomophobia?
Ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: No mobile phone phobia atau nomophobia merupakan kondisi seseorang yang secara psikologis selalu merasa takut, gelisah atau tidak nyaman saat tidak memegang ponsel. 

Tak seperti namanya, nomophobia bukanlah fobia yang sebenarnya. Banyak ahli yang menyebut nomophobia hanyalah kegelisahan yang dirasakan seseorang saat tidak menggunakan ponsel.

"Kalau kita lihat banyak orang yang sudah ketagihan mengunakan handphone. Karakteristiknya seperti tidak bisa kalau tidak pegang handphone, ketika baterai habis merasa bingung, dan berusaha melengkapi gadget agar selalu dalam keadaan on," ungkap psikolog Rose Mini, dalam Metro Plus, Rabu 31 Mei 2017.

Karakteristik lain yang bisa terjadi pada mereka yang nomophobia juga seringkali mencari lokasi yang memiliki jaringan internet aktif. Ketika tidur, ponsel digunakan sebagai bantal, bahkan saat bangun tidur pertama kali yang diperiksa adalah apa yang sudah terjadi pada ponsel saat ditinggalkan tidur.

Rose Mini mengatakan, hal-hal seperti inilah yang membuat seseorang cenderung mengalami nomophobia. Tanpa ponsel, rasa cemas dan gelisah mereka menjadi tidak terkendali. Parahnya ketergantungan dan kecanduan ponsel ini biasanya berdampak buruk pada kegiatan sehari-hari.

"Menurut saya enggak sehat. Bahkan penelitian menunjukkan anak-anak remaja SMA SMP lebih parah kecanduannya ketimbang orang yang sudah bekerja," katanya.

Ciri lainnya, kata Rose, adalah intensitas memperbarui status di media sosial secara berlebihan, berswafoto, bahkan memotret makanan, hanya untuk menghabiskan waktu dan mengikuti tren.

Ketika tidak melakukan hal-hal tersebut, mereka menganggap bahwa dirinya sudah tidak oke lagi. 
"Dan ini tentu sangat tidak baik," katanya.




(MEL)