Latihan Ini 5 Menit Sehari Dapat Kurangi Kebiasaan Mendengkur

Torie Natalova    •    Sabtu, 23 Sep 2017 15:02 WIB
tidur
Latihan Ini 5 Menit Sehari Dapat Kurangi Kebiasaan Mendengkur
Latihan Ini 5 Menit Sehari Dapat Kurangi Mendengkur (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan bahwa mendengkur adalah hal atau kebiasaan tidur yang paling banyak dibenci orang. Saat tidur sebagian besar orang inginkan ketenangan untuk mendapatkan waktu tidur yang nyenyak.

Tidur yang tidak nyenyak dapat mengganggu suasana hati hingga kesehatan Anda. Spesialis THT Dr. Mike Diklkes menuliskan secara rinci trik praktis untuk mengatasi dengkuran dengan hanya menyisihkan waktu luang selama lima menit setiap hari.

Berlatih tenggorokan secara sederhana selama lima menit setiap hari diyakini Mike dapat membantu mereka yang sering mendengkur ketika tidur. Mendengkur sebenarnya dapat berbahaya karena aliran udara diblokir oleh saluran pernapasan. Sehingga, tubuh harus bekerja lebih keras untuk melakukan tindakan bernapas sederhana yang pada akhirnya dapat mengurangi kualitas tidur.

Dr. Mike menjelaskan, selain mengurangi kualitas tidur, mendengkur juga dapat memicu peningkatan berat badan, kelelahan hingga kesulitan berhubungan.

Latihan tenggorokan yang direkomendasikan Dr. Mike dipercaya dapat membangun kekuatan otot dan mengurangi dengkuran. Latihan tersebut memperlakukan tenggorokan seperti kelompok otot lain yang dilatih dan diperkuat. Dengan melatih tenggorokan, otot-otot yang kendur mengencang dan menjadi kurang rentan terhadap kendur yang berlebihan dan juga menghalangi saluran udara saat tidur.

Anda dapat meminta rekomendasi dokter untuk melakukan beberapa latihan tenggorokan seperti yoga yang akan mengurang dengkuran di malam hari.





 


(ELG)