Kebiasaan Membersihkan Mulut Ini Dapat Menjaga Kesehatan Gigi

Torie Natalova    •    Kamis, 17 Aug 2017 12:59 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Kebiasaan Membersihkan Mulut Ini Dapat Menjaga Kesehatan Gigi
Kini ada sikat interdental kecil yang bisa sangat efektif untuk menghilangkan plak yang bisa terbentuk di antara gigi. (Foto: Filadensron/Gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menggosok atau menyikat gigi sebaiknya memang dilakukan minimal dua kali sehari untuk menjaga kebersihan mulut Anda. Meski, menyikat gigi saja tidak cukup jika Anda ingin melindungi gigi putih terus bersinar.

Terutama, jika Anda ingin mencegah penyakit gusi yang tidak hanya dapat menyebabkan komplikasi kesehatan mulut seperti kehilangan gigi dan bau mulut, tetapi juga mencegah terkena penyakit jantung dan diabetes.



Menurut ahli gigi Dr. Milad Shadrooh, kunci untuk melindungi gigi dan menghindari penyakit gusi adalah dengan menambahkan langkah kedua sederhana ke rutinitas kebersihan mulut Anda setelah menyikat gigi yaitu membersihkan interdental.

Pada dasarnya, ini adalah membersihkan bagian gigi yang sering dilewati oleh sikat gigi saat Anda menggosoknya. Teknik yang paling terkenal adalah flossing.

(Baca juga: Ini 5 Risiko Akibat Jarang Sikat Gigi pada Tubuh)

Namun kini, ada juga sikat interdental kecil yang bisa sangat efektif untuk menghilangkan plak yang bisa terbentuk di antara gigi.

Berbeda dengan penjelasan Dr. Milad, Profesor Damien Walmsley, penasihat ilmiah Dental Association Inggris mengatakan bahwa sikat interdental seperti yang banyak dijual tersebut mungkin tidak sesuai untuk setiap orang.



Menurut Damien, sikat interdental kecil lebih baik untuk membersihkan daerah di antara gigi, di mana ada ruang untuk melakukannya. Gunakan benang jika ruang di antara gigi Anda terlalu dekat agar tidak menyakiti atau menyebabkan kerusakan.

Gunakan sikat yang sesuai dengan ukuran ruang di antara gigi Anda. Masukkan sikat dengan lembut di sela-sela gigi tetapi jangan memaksakannya. Cukup pastikan gigi Anda dalam keadaan bersih setiap hari.












(TIN)