6 Buah Ini Juga Bisa Dijadikan Masker Wajah

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 05 Aug 2017 15:46 WIB
tips kesehatankesehatan kulit
6 Buah Ini Juga Bisa Dijadikan Masker Wajah
6 Buah Ini Juga Bisa Dijadikan Masker Wajah (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Buah adalah jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh. Makanan tersebut tak hanya bermanfaat saat dimakan, namun juga bisa diaplikasikan pada kulit secara langsung.

Berikut adalah beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi maupun langsung digunakan pada kulit.

1. Pisang
Pisang mengandung banyakn nutrisi seperti vitamin A, B, dan E yang baik sebagai agen anti-penuaan. Pisang yang ditumbuk dan dioleskan pada kulit juga memberikan manfaat yang sama. Kandungan kalium yang terdapat di dalamnya membantu melembabkan dan menghidrasi kulit sheiangga terlihat awet muda. Selain itu, penggunaan secara langsung juga dapat meremajakan noda, kulit kering, dan menghilangkan bintik hitam.

2. Apel
Apel memiliki kandungan ramah lingkungan dan merupakan sumber asam malat (asam alfa hidroksil) yang banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit. Asam malat membuat kulit menjadi lebih sehat, kecang dan awet muda karena memperbarui sel kulit tanpa merusak lapisan kulit.

3. Alpukat
Superfood  satu ini mengandung asam lemak, vitamin, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Buah ini kaya akan biotin, yang membantu regenerasi dan pertumbuhan sel, vitamin E, dan asam lemak yang dapat berperan sebagai pelumas kulit agar semakin sehat.

4. Pepaya
Buah ini kaya akan antioksidan dan memiliki enzim spesial bernama papain yang dapat membunuh ulit mati dan mengobati kotoran kulit. Lembekkan buah ini dan aplikasikan ke kulit secara langsung untuk mendapatkan berbagai nutrisi dari buah ini seperti vitamin A, beta karotin, dan papain.

5. Delima
Kandungan dalam delima setara dengan teh hijau dan blueberi yang memiliki antioksidan, komponen  yang dapat membalikkan kerusakan akibat radikal bebas dan membuat kulit awet muda.

6. Stroberi
Buah mungil berwarna merah ini mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, asam alfa-hidroksi dan asam salisilat yang dapat menghilangkan sel kulit mati dari kulit dan mengencangkan kulit. Selai itu, kandungan antioksidan di dalamnya dapat mencegah kerusakan kolagen yang dapat menyebabkan kulit keriput.


(ELG)