Pentingnya Menjaga Kesehatan Usus Anda

Torie Natalova    •    Jumat, 22 Sep 2017 12:27 WIB
kesehatan pencernaan
Pentingnya Menjaga Kesehatan Usus Anda
Dengan menjaga pola makan serta perbanyak asupan makanan sehat, Anda dapat membantu menjaga kesehatan usus. (Foto: Joanie Simon/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tanpa Anda sadari, 70 persen dari sistem kekebalan tubuh berasal dari dalam usus. Karenanya, sangat penting menjaga usus tetap sehat dan jauh dari bakteri jahat.

Usus yang tak sehat berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan. Kondisi usus yang tidak sehat dapat memicu penyakit seperti radang sendi hingga depresi.

Masalah pencernaan, alergi makanan, sering merasa lesu dan lemah serta masalah autoimun, merupakan beberapa masalah yang bisa disebabkan oleh usus yang dipenuhi bakteri jahat.



Usus bekerja untuk memetabolisme nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta membuang racun berbahaya dari dalam tubuh. Selain itu, usus juga tempat bagi ratusan triliun mikroorganisme yang bekerja melawan bakteri jahat dalam usus yang dapat memicu penyakit.

(Baca juga: 4 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan)

Keinginan mengonsumsi beragam jenis makanan belakangan ini tanpa disadari dapat mengganggu kesehatan usus. Usus yang sehat biasanya ditandai dengan keseimbangan yang baik dari bakteri dan lapisan usus yang kuat. Ini bertindak sebagai pelindung, memastikan zat-zat asing dan berbahaya tidak menembus hingga membuat jalan masuk ke dalam tubuh.

Diet yang biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan juga dapat mengganggu kesehatan usus. Selain diet, stres juga merupakan penyakit dapat memicu infeksi atau gangguan dalam usus Anda.



Namun, Anda tak perlu khawatir karena menjaga kesehatan usus pada dasarnya sangat mudah. Dengan menjaga pola makan serta perbanyak asupan makanan sehat, Anda dapat membantu menjaga kesehatan usus.

Selain itu, rutin mengonsumsi makanan probiotik dan fermentasi dapat membantu bakteri baik melawan bakteri jahat dalam usus sehingga mengurangi masalah kesehatan usus.









(TIN)