Gaya Hidup Ini Sebabkan Mata Panda

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 20 Sep 2017 07:18 WIB
kesehatan mata
Gaya Hidup Ini Sebabkan Mata Panda
Anda bisa menggunakan kompres dengan air dingin untuk mengurangi kantung mata. (Foto: Allef Vinicius/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kantung mata hitam atau bisa disebut mata panda adalah pertanda bahwa tubuh dalam keadaan tak prima. Penyebabnya adalah kebiasaan tak sehat yang menjadi gaya hidup. 

"Gaya hidup seperti sering minum alkohol, kurang tidur, merokok hingga sering menangis dapat menyebabkan kantung mata menggelap," tukas ahli plastik rekonstruksi mata dari Jakarta Eye Center dr. Yunia Irawati, SpM (K) dalam temu media, Selasa (19/9/2017). 

Ia menjelaskan, kantung mata yang menggelap merupakan dampak dari pelebaran pembuluh darah akibat gaya hidup yang tak sehat tersebut. 



(Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata)

Kebiasaan tersebut membuat kelopak mata bagian bawah terus membengkak sehingga terjadi akumulasi dimana cairan yang muncul tertarik ke kelenjar lemak sehingga bagian kelopak mata pun mengembang. 

Salah satu cara paling ampuh adalah dengan mengompres dengan air dingin bagian tersebut dengan tujuan sebagai rekonstruksi. 

Masalah kantung mata yang terlihat atau bisa disebut dengan baggy lower eyelid tersebut dapat membuat seseorang terlihat selalu kelelahan atau bangun tidur sehingga membuat tak nyaman dan tak percaya diri. 

Oleh karena itu, untuk menghindarinya, sebaiknya melakukan gaya hidup sehat agar kesehatan mata tetap terjaga.










(TIN)