Tak Selalu Buruk, Ketahui 6 Fakta Seputar MSG

Yatin Suleha    •    Selasa, 19 Sep 2017 16:03 WIB
kesehatan
Tak Selalu Buruk, Ketahui 6 Fakta Seputar MSG
Berikut informasi dari Persatuan Pabrik Monosodium Glutamate dan Glutamic Acid Indonesia (P2MI) terkait MSG. (Foto: Ilustrasi. Dok. Andy Chilton)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam banyak pemahaman MSG/Vetsin/Mecin/Pecin (atau banyak yang menyebutnya mecin) di kalangan awam menjadi bumbu tambahan dalam masakan yang diperdebatkan efeknya. 

Namun, menurut Persatuan Pabrik Monosodium Glutamate dan Glutamic Acid Indonesia (P2MI), MSG tidak berbahaya. Berikut poin yang disampaikan oleh P2MI terkait MSG bagi kesehatan. 

1. MSG/Vetsin/Mecin/Pecin adalah Bahan Tambahan Pangan Penyedap Rasa yang terbuat dari bahan alami (Tetes Tebu) melalui bahan fermentasi.

2. Kandungan zat dalam MSG ada 3 yaitu: Asam Glutamat, Natrium (Garam) dan Air, sebagai zat utama adalah Asam Glutamat yang merupakan Asam Amino yang tidak berbeda Asam Glutamat yang terkandung dalam makanan alami sehari-hari seperti tomat, susu, keju, dsb.

3. MSG mudah larut dan dapat dimetabolisme dengan baik dalam tubuh.

4. MSG sudah diakui kemanannya oleh beberapa badan dunia yang berkompeten dalam bidang makanan seperti: JECFA (terdiri dari FAO dan WHO), FDA dan juga oleh BPOM RI.

5. MSG adalah salah satu Bahan Tambahan Pangan yang aman dan diizinkan untuk dikonsumsi berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No.033 Tahun 2012 dengan takaran penggunaan Secukupnya.

6. Berdasarkan penjelasan pada angka 1 s/d 5 di atas, maka dapat disimpulkan bahwa MSG Aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan Kanker seperti yang diberitakan.


Artikel ini sebagai tanggapan P2MI atas artikel sebelumnya yang berjudul "4 Cara Masak Ini Hindari Kerusakan Makanan" di poin dua yang tertulis "Memanggang di atas api yang terbuka bisa menyebabkan beberapa masalah serius. Ketika lemak terkena bara api, mereka membentuk HCA dan PAH yang memicu kanker serta peradangan. Selain itu, sebagian besar saus barbekyu mengandung gula dan MSG."


(FIT, TIN)