Benarkah Pemberian ASI Turunkan Risiko Autisme

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 31 Aug 2017 06:00 WIB
kesehatan
Benarkah Pemberian ASI Turunkan Risiko Autisme
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Air susu ibu atau ASI memiliki banyak manfaat pada pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun benarkah pemberian ASI bisa membuat risiko autisme menurun?

"Sampai saat ini, penyebab autisme masih belum jelas. Namun, salah satu faktor dari gangguan tersebut adalah bayi tak bisa melakukan kontak dengan orang lain," ujar dokter ahli kandungan dr Febriansyah Darus, SpOG(K) dalam temu media Lactamil, Rabu (30/8/2017).Benarkah

Dalam proses menyusui, akan muncul keterikatan antara ibu dan anak yang pada dasarnya akan meningkatkan emosional pada anak dan saat itulah terjadi kontak antar keduanya.

Oleh karena itu, agar tercipta ikatan yang makin kuat, dr Febri menyarankan agar ibu tidak melakukan kegiatan lain saat bersamaan.

"Peluk dan tatap mata anak saat menyusui untuk meningkatkan emosional pada anak," tambah dia.

Sependapat dengan dr Febri, psikolog keluarga Irma Gustiani juga berpendapat bahwa salah satu ciri autisme adalah kurangnya sosialisasi yang bisa dilakukan karena kontak yang minim.

Pada bayi yang disusui, terjadi kontak fisik dan psikologis dimana hal tersebut menjadi dasar bagi anak untuk bersosialisasi.

"Pada saat menyusui, akan terjadi komunikasi antara ibu dan anak dimana pada saat itu anak belajar mengenali emosi dasar," tambahnya.




(DEV)