Tips Menyimpan Daging Kurban agar Tetap Segar

   •    Kamis, 31 Aug 2017 13:56 WIB
idul adha
Tips Menyimpan Daging Kurban agar Tetap Segar
Sebelum disimpan, daging tidak dicuci untuk menghindari kuman yang masuk melalui air cucian tersebut. (Foto: Jez Timms/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak terasa besok sudah Idul Adha. Dan sesuai dengan penetapan Kementerian Agama (Kemenag) yang telah diumumkan Idul Adha 2017 jatuh pada Jumat, 1 September. 

Penetapan itu seusai sidang isbat awal Zulhijah 1438 H. Di hari besar tersebut tentunya juga banyak daging kurban yang bisa saja Anda dapatkan. Namun, seperti yang sudah-sudah, melimpahnya daging kurban tersebut biasanya tersisa dan tugas Anda selanjutnya adalah menyimpannya.

Berikut ini ada tips bagaimana Anda bisa menyimpan daging kurban agar tetap segar:

(Baca juga: Idul Adha 1 September 2017)



• Sebelum disimpan, daging tidak dicuci untuk menghindari kuman yang masuk melalui air cucian tersebut

• Sebelum disimpan di freezer, terlebih dahulu daging dimasukkan ke dalam chiller kulkas selama 4-5 jam

• Untuk jumlah daging kurban banyak, sebelum dibekukan sebaiknya daging dipotong dengan beberapa bagian kecil ukuran setengah/satu kilogram (disesuaikan dengan penggunaan) ke dalam plastik kedap udara 

• Atur suhu kulkas dengan ukuran minus satu sampai satu derajat celcius

• Hindari penyimpanan daging dalam suhu 5 derajat celcius atau lebih karena merusak kualitas daging dan memungkinkan terkontaminasi bakteri

• Hindari memasukkan kembali daging ke dalam freezer setelah diletakkan dalam suhu ruangan selama beberapa jam


*)Sumber: dr. Nanung Danar Dono, Ph.D, Dir. Halal Center Fakultas Peternakan UGM; Prof Kusmajadi Suradi, Dosen Fakultas Peternakan Unpad; Chef Wanda Gunawan, Executive Sous Chef.









(TIN)