Ini Penyebab Kentut Berbau Tak Sedap

Torie Natalova    •    Minggu, 28 May 2017 17:07 WIB
kesehatan
Ini Penyebab Kentut Berbau Tak Sedap
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kentut yang berbau tak sedap sering dikaitkan dengan gangguan pencernaan. Bagaimana pendapat ahli kesehatan tentang hal ini?

Ahli gastroentrologi di NYU Langone Medical Center Lisa Ganjhu mengatakan, gas adalah produk sampingan dari semua makanan yang kita konsumsi. Jadi, saat Anda makan, tubuh akan melakukan proses pencernaan sebanyak mungkin.

Aroma gas yang Anda keluarkan tentu sangat berkaitan dengan apa yang Anda makan. Makanan seperti brokoli mengandung belerang, jadi saat Anda terlalu banyak memakannya, jangan heran jika kentut berbau tak sedap. 

Mengonsumsi makanan tinggi belerang lainnya seperti asparagus, kol, atau bok choy juga bia membuat kentut berbau seperti telur busuk. 

Bau kentut yang tidak sedap juga bisa terjadi ketika Anda mengalami konstipasi. "Menderita konstipasi, artinya ada kotoran yang tertimbun cukup lama di usus besar Anda," jelas Lisa. 

Untuk menghindari ssembelit, Lisa mengatakan usus harus bersih dan memiliki gerakan teratur. Lisa mengimbau untuk tidak menahan kentut atau buang air besar. Sebab, gas dan kotoran bisa berfermentasi dan membuat pencernaan menjadi terganggu.

Konsumsi probiotik dan makanan berserat tinggi membantu menjaga agar pergerakan usus tetap teratur. 



(DEV)