Pentingnya Konsumsi Asam Folat Saat Merencanakan Kehamilan

Nia Deviyana    •    Kamis, 22 Jun 2017 12:30 WIB
tips kesehatan
Pentingnya Konsumsi Asam Folat Saat Merencanakan Kehamilan
(Foto: Healthylive)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehamilan yang direncanakan memiliki peluang besar dalam menciptakan anak yang sehat. Dr Grace Valentine, Sp.OG menjelaskan pentingnya membuat perencanaan serta visi misi suami istri dalam memiliki anak.

"Perencanaan mencakup mau punya anak berapa dan kapan, itu harus didiskusikan. Jika waktunya sudah disepakati, paling tidak enam bulan sebelum hamil ibu melakukan persiapan, seperti menjaga pola makan, kalau merokok dan minum alkohol harus berhenti dulu, dan skrining kesehatan siapa tahu ada kelainan yang harus diperbaiki," jelasnya dalam program Metro I-Care, di Metro TV.

Grace juga mengimbau calon ibu untuk banyak megonsumsi asam folat dan zat besi sebelum dan selama kehamilan. Asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Untuk mengurangi risiko cacat pada tabung saraf bayi, direkomendasikan mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap harinya.

Gizi seimbang saat hamil

Mencukupi kebutuhan gizi seimbang sangat penting, terutama pada trimester  pertama kehamilan. Fase ini disebut juga sebagai periode penting dalam pembentukan organ tubuh bayi.

Masalahnya, mual dan muntah kadang tak bisa dihindari. Untuk menyiasati agar bumil tak kekurangan gizi, Grace menyarankan untuk makan sedikit tetapi sering, serta menghindari makanan amis, pedas, dan goreng-gorengan yang bisa memicu mual.

Lebih lanjut, Grace mengimbau untuk menghindari makanan mentah selama kehamilan, termasuk telur, daging, maupun ikan yang tidak dimasak sempurna.

"Sebab dikhawatirkan ada telur-telur cacing yang tidak mati, sehingga bisa menginfeksi janin," pungkasnya.


(DEV)