4 Penyebab Insomnia Paling Umum

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 18 Aug 2017 12:13 WIB
tidur
4 Penyebab Insomnia Paling Umum
Banyak pikiran yang terkait pekerjaan atau hubungan sosial dapat membuat kualitas tidur berkurang. (Foto: Christopher Sarde Gna/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Insomnia adalah salah satu gangguan tidur yang banyak dialami orang. Banyak hal yang mempengaruhi hal tersebut. 

"Semua orang bisa mengalami kurang tidur. Namun ada beberapa faktor tertentu yang meningkatkan risiko insomnia," tukas Dr. Satish Kumar V selaku konsultan neurologis di Fortis Malar, Chennai. Apa sajakah itu?

(Baca juga: Obat Tidur bukan Solusi Insomnia)



1. Jenis kelamin 
Wanita cenderung mengalami kurang tidur. "Perubahan hormon saat haid dan menopause dapat merusak pola tidur. Bahkan, masa menopause dapat memicu keringat dan rasa panas dalam tubuh di malam hari." Selain itu, perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan juga berkontribusi menyebabkan insomnia. 



2. Stres
Banyak pikiran yang terkait pekerjaan atau hubungan sosial dapat membuat kualitas tidur berkurang. 



3. Masalah kesehatan mental

Gangguan mental seperti depresi dan rasa cemas seringkali meningkatkan risiko insomnia pada penderitanya. 



4. Bertambah tua
Mereka yang berusia di atas 60 tahun memiliki risiko terkena insomnia lebih besar. "Hal ini dikarenakan pola tidur yang berubah akibat pendekatan usia dimana risiko insomnia akan meningkat bila seiring bertambahnya usia."










(TIN)