Penyebab Merasa Kedinginan Saat Tubuh Terserang Demam

Raka Lestari    •    Senin, 02 Oct 2017 08:00 WIB
kesehatan
Penyebab Merasa Kedinginan Saat Tubuh Terserang Demam
(Foto: Readers)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda mengalami demam, pasti Anda juga akan merasakan kedinginan pada saat bersamaan. Panas dan dingin adalah hal yang berlainan satu sama lain namun datang secara bersamaan ketika Anda sedang sakit.

Alasannya responsif. Ketika demam menyerang sistem tubuh Anda, serangkaian reaksi tubuh mulai memantul satu sama lain. Pyrexia, istilah medis untuk demam terjadi sebagai respons inflamasi terhadap segala hal mulai dari kanker hingga flu biasa.

Pyrexia disebabkan oleh pirogen, zat penyebab demam yang bisa datang dari dalam atau luar tubuh. Pirogen berjalan melalui sistem yang ada dalam tubuh Anda sampai ke hipotalamus, bagian otak kanan yang bertanggung jawab untuk pengaturan suhu. Hipotalamus mendapat sinyal untuk melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk menaikkan suhu tubuh dan dari inilah rasa dingin berasal.

Terlepas dari kenyataan bahwa Anda merasa panas, tubuh terus menggunakan proses menghasilkan panas seperti menggigil, merinding, dan penyempitan pembuluh darah untuk terus menaikkan suhunya. Ini juga membuat Anda dalam prosesnya merasa kedinginan, menyebabkan Anda meraih selimut untuk menyelesaikan proses pemanasan.

Ketika semua telah kembali normal dan demamnya hilang, inilah saat tubuh Anda kembali pada suhu yang sebenarnya. Pirogen mulai menghilang dan hipotalamus berhenti mengirim sinyal untuk memanaskan tubuh, dan tiba-tiba tubuh Anda tidak lagi membutuhkan proses tersebut. Demam pun berangsur menurun dan tubuh Anda berkeringat banyak sebagai alat untuk menenangkan diri lagi.




(DEV)