4 Risiko Penyakit Jika Menggunakan Tisu Toilet dengan Tidak Benar

Torie Natalova    •    Minggu, 01 Oct 2017 09:31 WIB
tips kesehatan
4 Risiko Penyakit Jika Menggunakan Tisu Toilet dengan Tidak Benar
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Organ genital yang lembab dapat memicu timbulnya bakteri dan jamur yang dapat mengganggu keseimbangan pH serta kesehatan. Oleh karenanya, sangat penting mengeringkan organ genital usai membasuhnya dengan air.

Kebanyakan wanita menggunakan tisu toilet untuk menyeka bagian intimnya setelah buang air kecil, terlebih saat
mereka berada di luar rumah.

Padahal, tisu toilet tanpa disadari dapat membuat bagian vagina wanita iritasi dan bengkak akibat terluka. Tisu dapat mengiritasi vulva dan vaguna terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif.

Selain dapat menyebabkan iritasi, jika menggunakan tisu dengan tidak benar maka dapat menyebabkan semua jenis infeksi pada vagina seperti berikut.

1. Infeksi saluran kencing

Uretra yang merupakan tempat urine keluar, sangat pendek dan bakteri tidak perlu masuk terlalu jauh ke dalam kandung kemih Anda. Jika Anda menyeka urine dari belakang dan mengenai dubur lalu bergerak ke depan vagina, ini dapat memicu infeksi saluran kencing.

Hal tersebut terjadi karena Anda kemungkinan mendorong partikel kotoran yang dapat memicu infeksi maju ke depan dan masuk ke dalam uretra sehingga bisa sebabkan infeksi saluran kencing.

2. Infeksi jamur

Tisu toilet yang mengandung parfum tak hanya bisa membuat bagian intim Anda wangi, tapi juga infeksi jamur. Ini karena, bahan kimia di dalamnya dapat mengganggu pH normal vagina dan inilah yang bisa menyebabkan infeksi jamur. Jika tisu Anda sering menyebabkan masalah pada vagina, cobalah ganti ke jenis hypoallergenic.

Apabila infeksi masih sering muncul, segera kunjungi dokter Anda untuk melihat apakah ada penyebab lain yang terjadi pada vagina Anda.

3. Lecet atau luka

Mengeringkan atau menyeka bagian vagina terlalu kasar dengan tisu toilet dapat membuat luka kecil di bagian vulva. Jaringan di daerah vulva sangat halus, sehingga Anda harus memastikan tidak terlalu kasar saat mengeringkan vagina. Lecet dapat menyebabkan iritasi, bengkak dan infeksi pada vagina jika tidak diobati dengan benar.

Sebaiknya keringkan bagian intim Anda dengan cara disentuh atau tepuk-tepuk perlahan, bukan menggosok dengan kasar bagian vagina Anda.

4. Bengkak

Banyak tisu toilet yang memiliki aroma, pewarna dan bahan kimia lainnya, yang ternyata dapat mengiritasi kulit. Jika iritasi, otomatis bagian vagina akan membengkak. Meski tidak semua, namun ada beberapa tisu berwarna putih yang kemungkinan mengandung pemutih.




(DEV)