Penanganan Pertama Jika Terkena Gigitan Anjing

Raka Lestari    •    Jumat, 29 Sep 2017 07:00 WIB
tips kesehatan
Penanganan Pertama Jika Terkena Gigitan Anjing
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika Anda terkena gigitan anjing, peluang Anda untuk tertular rabies cukup besar. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mendapatkan perawatan sesegera mungkin.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda dilakukan jika terkena gigitan anjing, seperti dipaparkan Dr Sandeep Sonawane, dokter  dari Sunshine Hospital, Nerul, Navi Mumbai.

1. Jangan sekali-kali mengikat kain di sekitar luka jika Anda terkena gigitan dari anjing. Tetap biarkan luka Anda terbuka

2. Cucilah area yang terkena gigitan dengan air dan sabun. Jika ada alkohol di rumah, bisa gunakan alkohol sebagai bahan antiseptik. Alkohol bisa membersihkan sisa bekas air liur anjing dan debu dari daerah yang terluka.

3. Konsultasi ke dokter dalam waktu kurang dari 24 jam dan pastikan Anda mendapat suntikan untuk mencegah rabies

Cara merawat luka

"Tergantung dari seberapa berat gigitannya, biasanya dokter akan menentukan langkah pengobatan apakah akan membersihkan area yang terkena gigitan, atau memberikan vaksin dan suntikan pada area tersebut," ujar Dr. Pradip Shah

Untuk luka ringan, vaksinasi adalah metode yang paling efektif sedangkan jika gigitan anjing sudah parah, imunoglobulin anti rabies yang akan dianjurkan.

Dalam banyak kasus, dokter akan menghindari jahitan pada luka kecuali jika luka berpengaruh terhadap organ vital
   
Jika anjing peliharaan yang menggigit Anda, maka akan mendapatkan vaksin dengan dosis 3 kali lebih banyak. Sementara jika karena anjing liar, maka Anda bisa mendapat lima atau tujuh kali suntikan

Namun, jika hanya luka ringan, biasanya Anda akan mendapatkan sebanyak tiga kali suntikan

Kebanyakan orang hanya merawat sendiri luka mereka di rumah atau mengaplikasikan lotion pada bagian yang luka. Dalam hal ini, Dr Sonawanee tidak menganjurkan hal tersebut dan menyarankan untuk melakukan suntik vaksin imunoglobulin untuk mencegah rabies.

Menurutnya, rabies tidak akan hilang meski hanya dengan menggunakan lotion antibakteri. Kebanyakan orang tidak sadar bahwa gigitan anjing juga bisa mengakibatkan kematian.




(DEV)