Ini Bahaya Membiarkan Bayi Tertidur di Pelukan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 03 Aug 2017 11:01 WIB
studi kesehatan
Ini Bahaya Membiarkan Bayi Tertidur di Pelukan
(Foto: Baby Center)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah badan amal meberi peringatan pada orang tua agar tidak tidur dengan kondisi bayi berada di bagian dada. Hal itu berkaitan dengan meningkatnya risiko bayi kekurangan nafas.

Pendampingan tidur adalah hal yang kontroversial dalam bidang pengasuhan bayi dimana orang tua dan anak yang tidur bersama dalam bebeeapa kasus bisa membahayakan.

Sebuah organisasi yang menyediakan saran dari ahli terkait cara tidur anak yang lebih aman Lullaby Trust memeringatkan orang tua agar tidak tertidur di sofa atau kursi berlengan saat sedang menggendong anak karena hal tersebut dapat meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) hingga 50 kali.

Selain iti, laporan mereka juga menyatakan bahwa seperenam bayi yang meninggal akibat SIDS di Inggris dan Wales ditemukan sedang tertidur bersama orang tua mereka di sofa.

"Tidur di sofa atau kursi berlengan dengan bayi Anda adalah salah satu situasi berisiko tertinggi untuk mereka," ujar salah seorang juru bicara dari organisasi tersebut pada HuffPost Inggris.

"Tak hanya menimbulkan risiko kecelakaan atau kekurangan napas, namun juga meningkatkan risiko SIDS hingga 50 kali."

Oleh karena itu, Lullaby Trust menyarankan agar orang tua meletakkan bayi mereka di tempat yang terpisah jika orang tua merasa mengantuk saat berada di sofa.

Jika dalam kondisi menyusui, sebaiknya meminta seseorang untuk mendampingi atau posisikan bayi pada kondisi yang aman pada bayi meski orang tua tertidur.





(DEV)