Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Torie Natalova    •    Minggu, 16 Apr 2017 12:42 WIB
tips kesehatan
Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih
(Foto: Youtube)

Metrotvnews.com, Jakarta: Infeksi saluran kemih bisa menjadi kondisi yang sangat menyakitkan. Penyakit ini diawali dengan rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil, dan semakin memburuk jika tidak segera diobati. Dan kemudian pada hari ketiga atau keempat, Anda akan menemukan urine yang berdarah.

Meskipun infeksi ini bisa menjadi sangat buruk, terutama bagi wanita, namun penyakit ini sangat mudah diobati. Biasanya, dokter akan memberikan obat seperti antibiotik.

Setelah mengetahui gejala-gejala infeksi saluran kemih seperti sakit saat buang air kecil, nyeri di bagian panggul atau kandung kemih, warna dan bau urine yang berubah, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi infeksi.

1. Minum banyak cairan sangat penting untuk mengatasi infeksi saluran kemih, terutama setelah Anda diberikan obat antibiotik. Cairan tambahan akan membantu daerah yang terinfeksi mendapatkan antibiotik lebih cepat dan juga membantu menghilangkan bakteri.

2. Hindari minuman seperti kopi, soda, alkohol dan jus jeruk. Minuman ini dapat memperburuk infeksi dan sebaiknya pilih air putih untuk menghindari iritasi di kandung kemih Anda.

3. Anda juga bisa menenangkan kandung kemih dengan obat-obatan seperti Pyridium. Obat ini dapat membuat kandung kemih mati rasa dan menghilangkan rasa terbakar serta mendorong secara konstan untuk sembuh. Namun, obat ini dapat membuat urine Anda berubah menjadi warna oranye.

Para wanita lebih sering mengalami infeksi saluran kemih dibanding pria. Wanita yang telah menopause, mengalami diabetes dan wanita yang aktif secara seksual juga lebih rentan terkena infeksi. Ini terjadi karena perubahan pH pada vagina wanita yang dapat mengubah keseimbangan bakteri dan jamur serta memudahkan mereka masuk ke uretra


(DEV)