Tips Sederhana Mengatasi Kecanduan Smartphone

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 07 Jun 2017 14:37 WIB
tips & trik
Tips Sederhana Mengatasi Kecanduan Smartphone
(Foto: Medium)

Metrotvnews.com, Jakarta: Terjadi peningkatan kebiasaan orang dewasa melihat ke smartphone mereka di Inggris, yaitu menjadi 150 kali per hari. Faktanya, lebih dari seperlima orang mengaku menggunakan smartphone saat sedang bercengkerama dengan teman.

Hal tersebut dikategorikan sebagai kecanduan. Pilihan 'suka' dan 'bagikan' pada media sosial dianggap merangsang dopamin dalam otak, sama seperti seks dan judi.

Salah satu ciri kecanduan lain adalah perasaan kaget dan berkeringat ketika Anda terbangun di pagi hari dan melihat baterai smartphone Anda lemah.

Pendiri Center for Internet and Technology Addiction, Dr. David Greenfield mengungkapkan bahwa banyak orang telah menunjukkan gejala perilaku impulsif atau penggunaan berlebih pada alat digital tersebut.

"Ketika sebuah perilaku mengintervensi salah satu kehidupan Anda, termasuk kualitas hidup dan lainnya, maka itu adalah masalah," tukasnya pada Men' Health.

Ia menambahkan, kemudahan akses memberikan kepuasan instan dimana hal tersebut tak akan pergi dengan sendirinya.

Namun, Greenfield memberikan satu tips sederhana untuk meminimalkan kebiasaan tersebut. Ia menyarankan untuk memberikan aturan pada diri sendiri kapan Anda boleh dan tidak boleh menyentuh smartphone. Misalnya, hanya saat di restoran atau beberapa jam sekali setiap hari.

Bila perlu, Anda membuat catatan kapan dan mengapa Anda melihat ke smartphone. Hal tersebut, menurutnya, dapat menghemat waktu yang sia-sia terbuang karena mengeceknya.

Tips lain dari Greenfield adalah mematikan notifikasi dari aplikasi yang dapat mengganggu produktivitas, seperti media sosial.

"Anda bisa mengeceknya 10 menit setelah makan siang, bukan setelah menjelang siang," sarannya.


(DEV)