Benarkah Obesitas Pengaruhi Kepandaian Anak?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 25 May 2018 11:44 WIB
obesitas
Benarkah Obesitas Pengaruhi Kepandaian Anak?
Sebuah studi menemukan bahwa obesitas di usia dini memberi dampak buruk pada kemampuan belajar dan ingatan anak. (Foto: Robert Collins/Unsplash.com)

Jakarta: Obesitas tak hanya memberi dampak buruk pada kesehatan, tetapi juga kepandaian. Sebuah studi menemukan bahwa obesitas di usia dini memberi dampak buruk pada kemampuan belajar dan ingatan anak. 

Studi dari Brown University tersebut juga mengindikasi bahwa nilai IQ kemungkinan menurun pada anak dengan berat badan berlebih. 

Menurut penelitian yang dilansir dari laman Thehealthsite.com tersebut, obesitas dapat menderegulasi hormon pada beberapa area otak, termasuk bagian kognisi. 

"Tahun pertama kehidupan adalah penting untuk perkembangan kognisi, dan kita mencari tahu apakah adipositas kehidupan awal memiliki dampak pada kemampuan kognitif di kemudian hari," kata peneliti Nan Li.

Penelitian tersebut fokus pada sekelompok anak-anak yang dimintai data seputar berat dan tinggi badan berusia satu atau dua tahun dimana mereka akan menjalani serangkaian tes kognitif. 


(Menurut penelitian yang dilansir dari laman Thehealthsite.com tersebut, obesitas dapat menderegulasi hormon pada beberapa area otak, termasuk bagian kognisi. Foto: Les Anderson/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Cegah Obesitas pada Anak, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua)

Selain dipantau dalam dua tahun awal kehidupan, setiap anak juga mendapat kunjungan rumah secara rutin dan berpartisipasi setidaknya melakukan satu tes kemampuan kognitif pada usia lima atau delapan tahun. 

Anak-anak dalam penelitian itu mengikuti serangkaian tes yang meliputi kemampuan kognitif, ingatan, perhatian dan impulsif umum. 

Beberapa anak yang bertambah berat badan dapat tumbuh dengan cepat tetapi kemudian menjadi kurus, sementara anak-anak lain mungkin memiliki status kelebihan berat badan/obesitas yang konsisten tetapi tidak diklasifikasikan sebagai memiliki pertumbuhan yang cepat.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa status berat badan tampaknya tidak mempengaruhi kinerja pada beberapa tes, tetapi memiliki tiga dampak signifikan.

"Kelebihan adipositas awal-hidup dikaitkan dengan IQ rendah, penalaran perseptual dan skor memori kerja di usia sekolah," kata Li.

Mereka menyimpulkan, fungsi eksekutif berkaitan dengan keberhasilan akademis pada anak-anak dan sangat penting untuk kesehatan fisik dan kesuksesan sepanjang hidup. 





(TIN)