Ini Alasan Kenapa Anda Merinding

Yatin Suleha    •    Jumat, 22 Jun 2018 16:55 WIB
kesehatanpsikologi
Ini Alasan Kenapa Anda Merinding
Ketika Anda dalam kondisi ketakutan atau sedang merasa ngeri terdapat gelombang adrenalin, pelepasan hormon stres ke dalam tubuh Anda yang menyebabkan Anda merinding. (Foto: Jakub Kriz/Unsplash.com)

Jakarta: Anda pasti pernah merasakan bulu kuduk berdiri atau merasa merinding. Entah itu berada di sebuah tempat yang menyeramkan atau ketika Anda sedang melihat film horor. Ternyata rasa bulu kuduk yang merinding ini diturunkan oleh nenek moyang kita sejak zaman dahulu kala. 

Dilansir dari Rider's Digest, Ashley Lewis memaparkan tentang penjelasan ilmiah soal salah satu reaksi tubuh yang terjadi ini. Menurutnya ini terjadi ketika posisi Anda sedang dalam survival mode (bertahan). 

(Baca juga: 5 Hal yang Anda Harus Ketahui Sebelum Extension Bulu Mata)


(Dilansir dari Rider's Digest, Ashley Lewis memaparkan tentang penjelasan ilmiah soal salah satu reaksi tubuh yang terjadi ini. Menurutnya ini terjadi ketika posisi Anda sedang dalam survival mode (bertahan). Foto: Matt Atherton/Unsplash.com)

Ketika Anda dalam kondisi ketakutan atau sedang merasa ngeri terdapat gelombang adrenalin, pelepasan hormon stres ke dalam tubuh Anda yang mana ini menyebabkan otot-otot kecil di dasar folikel rambut berdiri dan hal ini menyebabkan bulu-bulu kuduk Anda bangun (berdiri) menjadikan ini sensasi merinding.

Meskipun mekanisme ini tidak berguna untuk menakuti musuh pada kondisi hubungan antar manusia, namun bagi hewan misalnya seperti kucing atau hewan berbulu lainnya mekanisme ini membantu melindungi mereka dari rasa dingin atau bisa membuat mereka nampak lebih besar ketika akan diserang oleh predator atau ketika kondisi mereka sedang merasa terdesak.




(TIN)