Begini Cara Mendeteksi Ikan Berformalin

Nia Deviyana    •    Senin, 16 Jul 2018 11:44 WIB
tips kesehatan
Begini Cara Mendeteksi Ikan Berformalin
(Foto: Indian Express)

Jakarta: Maraknya ikan berformalin di pasaran tentu sangat mengkhawatirkan. Tidak ada pilihan lain bagi konsumen selain berhati-hati dalam memilih ikan.

Dr Kunal Das, konsultan utama Departemen Gastroenterologi di Max Super Specialty Hospital India menjabarkan ciri ikan yang diberi formalin.

"Ikan yang diawetkan dengan formalin memiliki tekstur kaku, sisik keras, tidak berbau amis, dan tidak ada lalat di sekitarnya," paparnya seperti dilansir dari Indian Express.

Dr Joydeep Ghosh dari Fortis Hospital India mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk menghilangkan formalin pada ikan adalah dengan mencucinya di bawah keran mengalir selama 10-12 menit.

"Hanya merendamnya dalam air tidaklah cukup," kata Dr Ghosh.

Formalin merupakan zat berbahaya dan anti dekomposisi. Formalin mudah terbakar, tidak berwarna, dan sering digunakan pada produk kayu, kain, bahan yang disekat, fungisida, germisida, dan desinfektan. Dalam dunia medis, formalin digunakan untuk mengawetkan organ dan tubuh.

Kerusakan jangka pendek akibat formalin ditandai dengan gejala mata berair, batuk, mengi, mual, dan iritasi kulit. Paparan formalin dalam jangka panjang dapat menyebabkan leukemia, kanker darah, dan limfoma.

"Paparan formalin menyebabkan iritasi pada selaput lendir seperti tenggorokan dan saluran pernapasan yang menyebabkan sakit tenggorokan, bronkitis, dan radang paru-paru. Bisa juga menyebabkan reaksi alergi. Itu sebabnya formalin dianggap sebagai karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker, masalah pada ginjal, dan hati," pungkas Das.

Lihat video:


 


(DEV)